Upgrade Tutup Ban Serep Di Kijang Innova Lama

Editor - Kamis, 8 April 2010 | 13:01 WIB

Upgrade Tutup Ban Serep Di Kijang Innova Lama (Editor - )

OTOMOTIFNET - Kabin lega Innova dapat sumbangan terbesar dari ban serep yang ditaruh di kolong. Memang kabin jadi lebih tinggi tetapi ruangnya tidak termakan buat roda cadangan. Efek sampingnya, karena berada di bawah, roda jadi mudah kotor.

Terlebih pada musim hujan seperti sekarang ini, ban serep pasti kotor terkena cipratan air. Belum lagi kemungkinan getas karena di sebelah kanan ban ada pipa knalpot.

Pokoknya bikin repot kalau harus ganti ban di jalan deh. Tangan bisa belepotan kotoran dan cukup sulit mengepaskan posisinya ketika menaikturunkan roda.

Upgrade Tutup Ban Serep Di Kijang Innova Lama

Gbr 1
Upgrade Tutup Ban Serep Di Kijang Innova Lama

Gbr 2
Upgrade Tutup Ban Serep Di Kijang Innova Lama

Gbr 3
Upgrade Tutup Ban Serep Di Kijang Innova Lama

Gbr 4

Coba deh tilik Innova keluaran anyar. Ban serepnya enggak kelihatan, kan? Di bawah bumper belakang hanya tampak semacam penutup berwarna hitam. Itu bukan hiasan, karena peranti itu adalah tutup ban serep alias spare wheel cover (Gbr.1).

Buat Innova keluaran lawas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan penutup ban serep jip buat membungkus roda sebelum digantung kembali di tempatnya. Efek perlindungannya cukup maksimal. Namun, cara ini tentunya kurang rapi dilihat.

Jika ingin rapi, bisa pilih peranti plug and play yang tersedia di Automania, gerai aksesori di Ruko Cempaka Mas blok D1/17, Jakpus. Spare wheel cover ini (Gbr.2) persis barang orisinal dan dibanderol Rp 600 ribu.

Jika dilihat dari atas, tampak cekungan buat menaruh ban serep. Dindingnya tinggi sehingga mampu melindungi roda dari percikan air kotor dari bawah. Bahkan di bawah tutup ini juga ada tiga buah roda kecil (Gbr.3). Buat apa ya?

Itu lo, kalau ban serep diturunkan, kan perlu tenaga ekstra buat mengangkatnya keluar dari kolong.

Nah, dengan adanya roda kecil ini, cover yang ada di bawah roda bisa ditarik dengan mudah. Eit, jangan lupa melepas pengait gantungan ban serepnya ya. Kalau tidak, nyangkut nanti.

Memasang ban serep pun mudah. Tinggal taruh kembali di penutup yang juga berfungsi sebagai penadah roda. Lalu dorong ke kolong mobil (Gbr.4).

Kemudian masukkan pengait gantungannya. Pastikan pengait memegang bagian bawah tutup ban, bukan menyangkut di pelek. Sip, kan?

Penulis/Foto: Manut / TAM, Manut