Rossi Tes GP13 Hari Ini di Jerez Spanyol

billy - Kamis, 22 September 2011 | 12:32 WIB

(billy - )


Pengembangan paket motor untuk mempersiapkan motor pemenang di kubu Ducati terus berlanjut hingga hari ini (22/9). Valentino Rossi dan tim Ducati kembali terjun ke sirkuit Jerez di Spanyol untuk melaksanakan sesi pengetesan motor mereka. Kali ini Ducati mengabulkan permintaan Rossi untuk mengetes sasis yang serupa dengan sasis motor-motor produksi Jepang.

Kabarnya Ducati pun menamainya dengan Ducati GP13. Bentuknya sasisnya pun agak unik dan berbeda dengan sasis yang mereka gunakan di MotoGP Aragon (18/9) lalu, karena mengaplikasikan konfigurasi sasis twin beam. Dimana bagian belakang sasis tersebut tidak terkoneksi antara sebelah kiri dan kanan. Bagian ini dikoneksikan oleh mesin, namun tetap terhubung ke lengan ayun untuk alasan fleksibilitas.

Sasis ini didesain di markas besar tim Ducati dan dibuat oleh FTR (manufaktur pembuat sasis dari Inggris). Hal ini mereka lakukan karena sasis yang mereka gunakan di Aragon lalu, belum mampu menghilangkan problem bagian depan motor Ducati yang mengalami masalah sejak jaman Casey Stoner masih memperkuat tim tersebut.

“Kami sangat beruntung karena kami bisa mengetes banyak komponen bersama Rossi. Pengetesan ini penting bagi mekanik dan juga bagi Ducati, untuk mengetahui apa yang harus mereka lakukan untuk masa yang akan datang. Kami bekerja dengan sangat keras, karena kami tahu sekali saja motor ini kompetitif di tangan Rossi, maka motor ini akan kompetitif bagi semua pembalap yang menggunakan motor Ducati,” yakin Filippo Preziosi direktur teknis tim Ducati.

Sesi tes ini sangat penting mengingat tim Ducati harus bisa membuat motor mereka kompetitif sebelum musim 2011 berakhir. Kapabilitas Rossi sudah pasti akan jadi taruhannya, jika motor ini tidak kunjung kompetitif. Penggunaan sesi tes privat ini, menandakan bahwa Ducati sudah menghabiskan 7 dari 8 hari jatah sesi tes privat untuk prototipe motor musim 2012 mendatang. (otosport.co.id)