Rossi Tes Kelistrikan dan Sasis di GP12

billy - Jumat, 9 September 2011 | 19:00 WIB

(billy - )


Valentino Rossi menjalani sesi tes privat bersama tim Ducati dengan menggunakan GP12 pada Kamis (8/9) di sirkuit Mugello Italia. Kabarnya mereka melakukan tes pada sistem kelistrikan dan sasis baru pada prototipe motor Ducati GP12. Sayangnya tim Ducati menutup rapat semua informasi tentang setting dan konfigurasi part yang mereka ujicoba.

Menurut informasi yang beredar, Rossi mampu memperbaiki catatan lap tercepatnya saat menggunakan GP12 yaitu 1 menit 48,5 detik ketimbang saat menggunakan GP11.1 yang hanya mencetak lap tercepat 1 menit 49,9 detik di sesi kualifikasi MotoGP Italia lalu. Namun masih lebih lambat pencapaian Casey Stoner di sesi yang sama yaitu 1 menit 48,0 detik dan 1 menit 47,3 di sesi tes pertengahan musim sehari setelahnya.

“Ini adalah hari yang sangat menyenangkan, dan berlangsung cukup lama. Mengembangkan motor ini membutuhkan fokus dan upaya besar. Tapi saya merasa cukup nyaman, karena semua orang di tim ini terobsesi melakukan pengembangan dengan upaya yang tiada henti. Saat ini kami melakukan tes pada sistem kelistrikan dan sasis baru, mengumpulkan data sebanyak-banyaknya bagi Filipo Preziosi (direktur teknis tim Ducati),” ujar Rossi.

“Saya rasa semuanya bekerja sesuai dengan apa yang kami harapkan, setidaknya ini cara ini cukup berhasil untuk langkah kami selanjutnya,” tambah Rossi.

Sayangnya Rossi tidak menjelaskan apakah mereka benar melakukan tes pada sasis aluminium dengan konfigurasi berbeda ataukah tetap pakai sasis karbon fiber yang dimodifikasi dengan konfigurasi baru. Entahlah, Rossi dan Ducati juga masih menutup rapat informasi tersebut. Secara kasat mata pun tidak bakal terlihat, pasalnya perubahan pada bagian luar motor tidak terlihat sedikitpun.

Sesi tes yang dilakukan oleh tim Ducati ini berlangsung selama 3 hari, namun Rossi hanya menggunakan 1 hari untuk melakukan tes pada GP12 yaitu pada hari Kamis (8/9). Ini menjadi penanda bahwa tim Ducati sudah menghabiskan 6 dari 8 hari sesi tes privat untuk prototipe motor tahun 2012. (otosport.co.id)