Rossi Bermasalah Saat Pakai Ban Keras

billy - Sabtu, 3 September 2011 | 08:25 WIB

(billy - )


Jangan tanya apa masalah Valentino Rossi saat ini, sehingga ia tidak bisa meningkatkan performanya hingga saat ini. Pastinya masalah dari 2 tahun sebelumnya yaitu bagian depan motor Ducati yang belum selesai adalah pekerjaan besar yang mereka harus temukan solusinya.

Namun di sesi latihan bebas hari pertama MotoGP San Marino Italia (2/9) kemarin, ia mendeteksi bahwa penggunaan tipe ban keras membuatnya stress. Aplikasi kompon ban keras sesuai dengan yang mereka inginkan saat balapan berlangsung, tidak menunjukkan peningkatan sedikitpun. Lap terbaiknya tercapai karena ia baru menggunakan kompon ban lunak.

“Posisi saya cukup anjlok karena saya memaksa untuk menggunakan ban keras. Ini adalah konfigurasi penggunaan ban saat balapan. Sayangnya motor semakin sulit dikendarai karena grip ban belakang tidak sesuai yang kami harapkan. Apalagi saat menikung dengan sudut elevasi yang besar, rasanya tidak memungkinkan. Makanya kami kembali menggunakan ban kompon lunak,” ungkap Rossi.

“Besok kami masih mempunyai tugas untuk meningkatkan lap tercepat kami paling tidak setengah detik dari pencapaian kami hari ini. Kami juga harus tetap bekerja untuk membuat bagian depan lebih stabil saat pengereman. Makanya kami kembali bekerja pada setting dasar motor kami seperti di sirkuit Brno Ceko dan Laguna Seca Amerika,” pungkas Rossi.

Masalah yang dialami oleh Rossi juga terjadi pada Nicky Hayden. Bahkan Hayden mengungkapkan setiap datang di sirkuit ini, ia merasa lebih sulit dari tahun sebelumnya. Tentunya masalah ini butuh solusi cepat agar duo Ducati bisa bertarung di posisi 10 besar. (otosport.co.id)