Harga Motor Suzuki Dikoreksi (Lagi)

Editor - Minggu, 15 Februari 2009 | 10:40 WIB

(Editor - )

OTOMOTIFNET - Sebulan lalu, Suzuki, Yamaha dan Kawasaki telah menaikkan harga jualnya, di bulan kedua 2009 ini kembali terkoreksi. Tapi baru dialami oleh pabrikan motor Suzuki.

Di Januari lalu, Suzuki mengerek banderol sekitar Rp 200 ribu (Smash, Shogun, Satria FU, Spin dan Skywave) dan Rp 1,2 juta (Thunder). Namun kali ini hanya naik Rp 70-125 ribu (Smash, Shogun, Spin dan Skywave) dan Rp 450 ribu untuk New Satria FU150.

Soal itu, Edi Darmawan, 2W marketing promotion & dealer development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ATPM motor Suzuki menjelaskan kalau pihaknya sudah enggak kuat lagi menahan gejolak nilai tukar yen terhadap rupiah.

“Sekarang saja belum sama dengan harga pasaran yen,” katanya.

Ia mengakui kalau saat ini memang kurang pas untuk menaikkan harga. Tapi bila banderol tidak dikoreksi perlahan-lahan, cost juga akan bertambah besar. “Tapi kan kita sesuaikan dengan harga kompetitor. Dan kita masih kompetitif banget kok,” tukas Edi.

Bahkan, SIS kali ini tak sekadar menaikkan harga. Khusus Thunder malah mengalami penurunan harga Rp 600 ribu/unit. Padahal di Januari, sport 125 cc itu naik Rp 1,2 juta. “Setelah kita analisa ternyata harganya terlalu tinggi buat konsumen makanya kita koreksi lagi,” ujar pria berkacamata itu. Mudah-mudahan tidak setiap bulan koreksiannya. 

Penulis: Pj