Bea Masuk 40 Persen, Mustahil Daihatsu Tanto Masuk Indonesia

Iday - Kamis, 4 Juni 2009 | 15:46 WIB

Bea Masuk 40 Persen, Mustahil Tanto Masuk Indonesia (Iday - )

OTOMOTIFNET - Berita mengenai masuknya Daihatsu Tanto ke tanah air mulai banyak terdengar di berbagai media. MPV mungil buatan Jepang ini gosipnya akan bersaing dengan Honda Jazz karena sama-sama bisa menampung empat orang dewasa.

Penasaran dengan kabar ini, OTMOTIFNET.com mencoba menelusuri kebenarannya. Akhirnya konfirmasi perihal gossip ini diberikan oleh Amelia Tjandra.

Daihatsu Tanto itu tidak akan masuk Indonesia dalam waktu dekat. Selama pajak mobil impor masih diatas 40% kami tidak akan menjualnya disini,” ujar wanita yang menjabat sebagai Marketing Director, PT Astra Daihatsu Motor.

Amelia menambahkan, kalau harga Daihatsu Tanto saat ini sekitar Rp 170 juta jika dikonversikan ke rupiah. “Kalau pajak 40%, mau dijual berapa? Rasanya masih terlalu mahal ya. Jadi kami tidak memaksakan diri,” ujarnya saat ditemui di acara peluncuran outlet terpadu Daihatsu Bintaro Senin kemarin.

Padahal Daihatsu Tanto yang beredar di Jepang memiliki varian–varian yang menarik. MPV yang ditenagai mesin 600cc ini mempunyai varian standar dan custom. Bahkan salah satu varian custom ada yang sudah dilengkapi aksesoris racing termasuk mesinnya.

Ada juga varian yang khusus bisa menerima penyandang cacat dengan adanya tempat khusus untuk kursi roda di belakang dan ada varian yang menyediakan kursi otomatis bagi penumpang depan.

“Kalau memang ada Daihatsu Tanto di  jalan, itu Importir Umum yang memasukkan. Bukan kami,” tegasnya lagi. Wah, kapan ya pajak impor turun..?

Penulis-Foto: Nanda/Daihatsu