Modifikasi Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS, Cita-cita Berkaki Kekar

Kamis, 28 Juli 2016 | 10:17 WIB

Kesulitan justru pasang pelek jari-jari lebar ada pada pemilihan teromol, sulit menemukan teromol yang lebar

Jakarta - Endys Rahfiyanda ini bercita–cita ingin punya moge sejak kecil. “Berhubung belum kesampaian makanya motor ini dimodif menggunakan kaki besar layaknya moge, hehe..,” buka Endys sapaan akrabnya.

Namun perjalanan untuk merombak kaki–kaki Pulsar 200NS keluaran 2014 ini tidak berjalan sempurna, salah satunya pencarian bengkel yang pas untuk menanganinya. “Sampai akhirnya menemukan Arkha Motor (AM) yang memang spesialis kaki-kaki dan tidak terlalu jauh dari tempat tinggal,” lanjutnya.

Untuk memuaskan hasratnya, pelek diganti dengan model jari-jari. Yang belakang dijejali pelek lebar 5.00x17 berlabel Rossi yang dikawinkan dengan teromol Kawasaki KLX 150 dan ban Bridgestone Battlax 023 berukuran 180/55-17.

 

“Selebar ini masih cukup dimasukan pada swing arm standar. Tapi harus sedikit coak bagian siku dekat jembatan arm. Biar makin kekar, swing arm standar juga diberi kondom custom,” bangga pria asli Pondok Gede, Jaktim ini.

Kesulitan justru ada pada pemilihan teromol, sulit menemukan teromol yang lebar. “Solusinya, gir belakang harus diganjal kurang lebih 1 cm agar rantai tidak bergesekan dengan ban,” jelas Yusa Firdaus salah satu mekanik andalan AM.

Sedang yang depan, pelek 3.50x17 dibalut ban tipe sama dengan belakang, bedanya ukuran hanya 120/70. Makin keren dipadu dengan suspensi depan upside down. Biar hemat, enggak comot limbah moge.

“Pakai produk aftermarket yang aslinya untuk Kawasaki Ninja 250 karena diameter as komstrinya sama dengan Pulsar 200NS. Perbedaan hanya pada panjang dratnya, jadi hanya butuh penyesuaian sedikit,” papar Endys yang pasang dual disc brake di roda depan pakai cakram PSM dan kaliper copotan Yamaha YZF-R6.

 

Yang menarik adalah lampu belakang menggunakan part bawaan saudaranya yaitu Pulsar 200RS yang merupakan versi full fairing dari Pulsar 200NS. “Tail lamp ini pesan khusus langsung dari India. Konon cuma ada 3 di Indonesia,” tutup Endhis puas.

Oke juga bro! (otomotifnet.com / Fariz)

Plus: Modifikasi rapi dan tidak menghilangkan ciri khas motor
Minus: Pelat nomor belakangnya pasang dong

Data Modifikasi:
Kaliper depan: Yamaha YZF-R6
Cakram: PSM
Master rem: KTC
Kopling hidrolik: KTC
Tabung minyak rem: KTC
Grip gas: KTC
Spion: Probike
Hand guard: Probike
Upside down: NUI Racing
Projie: AES
Tubular: Custom
Knalpot: IMS Cuenk Muffler
Pelek depan: Rossi 3.50x17
Pelek belakang: Rossi 5.00
Ban depan: Battlax 023 120/70-17
Ban belakang: Battlax 023 180/55-17
Kondom arm: Custom
Teromol depan: Honda CB150R
Teromol belakang: Kawasaki KLX 150
Tail lamp: Bajaj Pulsar 200RS
Setang: Yamaha Byson
Shroud tangki: Yamaha Byson
Undercowl: Custom
Arkha Motor: 08569344445