Gak Kira-kira, Cuma Sebongkah Besi Dari RX-King, Tapi Harganya Tembus Rp 6,5 Juta!

Parwata - Rabu, 11 April 2018 | 14:00 WIB

Ilustrasi blok silinder RX-King (Parwata - )

Otomotifnet.com - Jika berbicara mengenai motor 2-tak, pasti salah satu motor yang terlintas adalah Yamaha RX-King alias si 'Jambret'.

Meski pada tahun 2008 sudah berhenti produksi, Yamaha RX-King tetap memiliki banyak penggemar dan peminatnya.

Jadi enggak heran kalau unit bekas motor ini masih dicari, baik untuk penggunaan sehari-hari atau sekadar barang koleksi.

Bicara ketersediaan sparepart, suku cadang motor ini masih cukup gampang dicari karena banyak toko yang masih menjual onderdil RX-King, baik secara offline maupun online.

Untuk komponen bodi, mulai dari sepatbor, lampu-lampu, setang, hingga boks (aki) kanan-kiri mungkin masih gampang dicari, tapi untuk komponen jeroan mesin, kondisinya cukup langka.

(BACA JUGA: Minyak Rem Motor Ada Standarnya, Kepoin Panduan Ini, Jangan Nunggu Rem Jebol)

"Contoh blok silinder seri Y1-29N00, yang masih asli buatan Jepang, ini cukup sulit dicari," buka Rasyidur Raqib dari RR Part Shop saat ditemui beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, blok silinder Y1-29N00 tersebut adalah kepunyaan RX-King generasi awal.

"Itu blok silindernya RX-King Cobra, keluaran tahun 1983-1992, itu pun untung-untungan, enggak semua RX-King keluaran tahun segitu pakai blok dengan kode Y1-29N00 ada juga yang Y2, jadi random dapatnya," ujar pria yang punya workshop di kawasan Petukangan Utara, Jakarta Selatan ini.

Lalu apa yang bikin blok silinder dengan kode Y1-29N00 ini menarik dan banyak diburu?