Mainan Anak Zaman Old, Enggak Mau Pulang Kalau Belum Dibeliin Truk Mainan Ini

Parwata - Senin, 30 Juli 2018 | 12:00 WIB

Basunie, perajin replika kendaraan asal Jombang sedang mengerjakan mobil mainan berbahan kayu limbah di bengkel kerjanya yang merangkap teras rumah. (Parwata - )

Otomotifnet.com - Anak zaman old, pasti tahu dengan mainan yang satu ini.

Dahulu, anak-anak enggak mau pulang kalau belum dibelikan mainan ini.

Salah satu contoh, mobil mainan berbahan kayu. Meskipun bersaing dengan mainan sejenis berbahan plastik dan logam, yang bahkan dijalankan dengan remote control, mobil mainan kayu tetap bertahan tak lekang oleh zaman.

Setidaknya, di Jombang masih terdapat perajin mobil mainan atau replika mobil yang berbahan kayu, yang usahanya tak hanya bertahan hidup, namun mampu berkembang.

Perajin mobil mainan berbahan kayu limbah itu Mochamad Basunie (68), warga Dusun Subentoro Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang.

(BACA JUGA: Modal Pistol Mainan, 4 Polisi Gadungan Bawa Kabur 2 Motor, Korban Sempat Dibawa Keliling)

Ditemui di 'bengkel' kerjanya yang merangkap teras rumah, tampak jemari keriput masih cekatan mengolah potongan kayu wadang, untuk digarap menjadi replika berbagai mobil, Minggu (29/7/2018).

Bapak tujuh anak dan lima orang cuucu ini terlihat cekatan dan terampil memainkan tangan dan peralatan pendukung. Bahan berupa limbah kayu itu mampu disulapnya menjadi benda yang bernilai rupiah.

Basunie sendiri mengaku sudah lebih dari 15 tahun menekuni pekerjaan menyulap limbah kayu menjadi aneka mainan, terutama replika mobil berbahan dasar kayu.

Mulai truk, bus, sedan, kendaraan lain sesuai permintaan. Termasuk replika ekskavator