Pasar Otomotif Nasional Lemas, Bulan Ramadhan Jadi Momentum Tingkatkan Penjualan

Ignatius Ferdian - Rabu, 15 Mei 2019 | 18:45 WIB

Ilustrasi mobil-mobil baru di pasar otomotif Indonesia (Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Awal tahun 2019 pasar kendaraan roda empat di Tanah Air bisa dibilang kurang menggairahkan.

Berdasarkan data yang diterima, ada penurunan sebesar 11,8 persen untuk penjualan retail selama Januari hingga April 2019 yang hanya mencapai 340.118 unit.

Sementara untuk penjualan wholesales berada di angka 337.321 unit, atau terjadi penurunan sebesar 14,4 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Yohannes Nangoi, selaku ketua umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tidak menampik penurunan yang terjadi.

(Baca Juga : Pameran GIIAS 2019 Tak Cuma Jual Mobil Baru, Gaikindo Sebut Ajangnya Pamer Teknologi)

Meski begitu, dirinya optimis bulan Ramadhan ini bakal jadi momentum untuk meningkatkan penjualan kendaraan roda empat di Tanah Air.

"Justru biasanya sebulan sebelum lebaran atau di bulan Ramadan ini biasanya naik, karena kebanyakan orang yang mau pulang atau mudik itu beli," kata pria yang akrab disapa Nangoi ini saat berada di kawasan Senayan, Jakarta Pusat (14/5/2019).

Nangoi menambahkan, pihaknya akan terus berusaha agar target penjualan yang ditetapkan yakni 1,1 juta unit di 2019 bisa tercapai hingga akhir tahun nanti.

"Jadi kalau kita lihat kan semester satu itu turun 13 persen, harusnya kalau bisa dia flat 100 persen total tanpa turun aman," papar Nangoi lagi.

"Tapi dengan ini kami harus mengejar ketinggalan yang sudah jualan sebelumnya, mudah-mudahan dalam delapan bulan terakhir ini bisa terkejar," tutupnya.