Isuzu Panther Viral Terjang Banjir di Bekasi, Kelebihan Mesin Dieselnya Terkuak!

Irsyaad Wijaya - Sabtu, 4 Januari 2020 | 14:20 WIB

Isuzu Panther membelah banjir setinggi kap mesin di Jatiasih, Bekasi (Irsyaad Wijaya - )

Otomotifnet.com - Viral video ketangguhan sebuah Isuzu Panther yang dijadikan angkot menerjang banjir di kawasan Jatiasih, Bekasi, Jabar.

Alhasil melalui video tersebut, mesin diesel dianggap bandel karena tanpa mogok melewati genangan banjir setinggi kap mesin.

Fakta terungkap melalui bincang-bincang dengan Hendra, Kepala Bengkel Asco Isuzu Bekasi Timur, (2/1/20).

"Untuk mesin diesel lebih andal melewati genangan air banjir karena tidak ada sistem elektrik seperti koil dan busi yang rawan rusak bila terkena air saat banjir," buka Hendra.

(Baca Juga: Isuzu Panther 'Santuy' Membelah Banjir, Air Melahap Setengah Mobil, Disambut Bak Juara)

"Terlebih pada Isuzu Panther konvensional seperti video yang viral saat ini, sistem elektrikalnya lebih simpel sehingga aman menerobos genangan air banjir," bisik Hendra sambil tersenyum.

Karena tidak adanya jalur kabel dan soket seperti ECU, membuat mesin diesel Isuzu Panther ini lebih aman menerabas banjir.

ryan/gridoto.com
Posisi filter udara mesin diesel Isuzu Panther berada diatas

Risiko arus pendek seperti yang terjadi pada koil, distributor atau kabel busi di mesin bensin enggak terjadi di Isuzu Panther.

"Mesin diesel konvensional seperti Isuzu Panther lama yang belum menggunakan diesel common rail memang sistem elektrikalnya lebih sederhana," bebernya.