Wuling Almaz, KIA Seltos, DFSK Glory 560 dan Honda CR-V, Pilihan SUV Mesin Kecil Tapi Turbo

Panji Nugraha - Kamis, 19 Maret 2020 | 10:00 WIB

Wuling Almaz, KIA Seltos, DFSK Glory 560 dan Honda CR-V, Pilihan SUV Mesin Kecil Tapi Turbo (Panji Nugraha - )

 

Otomotifnet.com - Tak bisa dipungkiri, belakangan ini makin banyak pilihan SUV ber-cc kecil, namun punya tenaga dan torsi ‘badak’.

Yup, karena walaupun punya kapasitas silinder hanya 1.4 liter – 1.5 liter (1.400 – 1.500 cc), namun kerena dijejali teknologi force induction berupa turbocharger, membuat performa mesinnya bisa setara, bahkan lebih dibanding mesin naturally aspirated (N/A) berkapasitas 2.000 cc.

Selain itu, kapasitas mesin kecil dengan turbo ini juga dipandang lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar ketimbang mesin N/A ber-cc besar.

Namun tentunya semua itu tergantung bagaimana cara kita ngegasnya.

(Baca Juga: Wuling Almaz Modifikasi Hasil Online, Luar Dalam Kena Sentuh)

Karena dari hasil tes yang OTOMOTIF lakukan pada beberapa mobil bermesin 1.500 cc turbo, bila berkendaranya terlalu agresif dan sering bejek gas dalam, ujung-ujungnya tetap boros juga.

O iya, sekadar informasi bahwa SUV dengan kategori mesin tadi berawal dari masuknya Chevrolet Trax ke Indonesia pada 2015 silam.

Kemudian disusul Honda dengan CR-V 1.5L Turbo, Wuling dengan Almaz 1.5L Turbo, DFSK dengan Glory 560 1.5T-nya dan terakhir Kia dengan All New Seltos.

Nah, untuk Anda yang tertarik meminang SUV bermesin 1.4L – 1.5L turbo, kali ini OTOMOTIF akan coba mengkomparasi harga dan fitur dari masing-masing SUV tadi, untuk tipe tertingginya.