Motor Matik Bugar Meski Nganggur Lama, Lumasi Kaki-kaki Rawan Karat, Panasi Mesin

Ignatius Ferdian - Senin, 30 Maret 2020 | 20:45 WIB

Motor matik performanya tetap terjaga meski tidak dipakai lama (Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Ada beberapa tips perawatan untuk motor khususnya matik yang sedang tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hal ini bisa dilakukan supaya performa pada motor tetap terjaga.

Menurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), performa terbaik motor tak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan, tetapi juga perawatan yang bisa dilakukan sendiri.

”Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik. Karena kadang terdapat komponen atau bagian motor yang butuh diperhatikan saat diam dalam jangka waktu cukup lama, yang dikhawatirkan mempengaruhi kinerja,” ucap Endro.

(Baca Juga: Motor Matik Gredek Kambuh, Rajin Diservis Bukan Jaminan, Ini Masalahnya)

Berikut beberapa tips dari AHM untuk menjaga kondis motor saat diam dalam jangka waktu lama:

1.    Jika memang sudah ada rencana tidak akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama, alangkah baiknya motor dicuci terlebih dahulu.

”Karena ada beberapa pengendara motor yang harus melewati daerah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut yang mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen,” jelas Endro.

2.    Beri pelumas bagian bagian yang cenderung/ berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

(Baca Juga: Motor Bunyi Aneh Saat Bejek Gas, Belum Tentu CVT, Bisa Jadi Ini)