Kawasaki KLX150S Pakai Karbu BRT, Tenaga Naik 4,47 Persen, Spek Motor Standar

Fariz Ibrahim - Rabu, 29 April 2020 | 15:10 WIB

Karburator BRT dites di atas dyno dengan motor Kawasaki KLX150S standar (Fariz Ibrahim - )

Otomotifnet.com – Belum lama ini, produsen komponen racing Bintang Racing Team (BRT) baru saja meluncurkan produk terbarunya, yaitu karburator yang disebut bukan karburator biasa.

Ini karena karbu dengan fisik mirip Keihin jenis PE yang tersedia dalam pilihan diameter lubang 28 mm dan 30 mm, dikombinasi dengan part dari karburator PWK.

“Jadi jarumnya pake kode JJH yang merupakan bawaannya PWK, trus nozzle dan main jet juga pakai PWK. Kalau pilot jet kan sama saja antara PE dengan PWK,” sebut Islakhudin ‘Roger’, Tim R&D dan Konsultasi BRT.

Penggunaan seperangkat komponen PWK yang terpasang pada bodi PE ini tentu bukan tanpa alasan, “Kelebihan jarum sama nozzle PWK ini lebih responsif. Kalau karakter karbu PE kan dia kuat putaran bawah, tapi grafik di atasnya turun,"

Baca Juga: BRT Bikin Karburator, Kombinasi PE & PWK, Jamin Tenaga Atas Bawah Rata

"Saat digabung ini bisa bantu putaran atas, jadi tenaga atas gak drop dan kurva tenaga bisa lebih lebar lagi,” rinci Roger.

Fariz/otomotifnet.com
Jarum, nozzle, niddle house, dan main jet karburator PE BRT sudah pakai milik PWK

Sebagai pengetesan, karbu PE BRT dipasang pada Kawasaki KLX150S yang kondisinya benar-benar standar.

“Kondisi motor standar ting-ting, emang buat riset. Boks filter udara, bahkan filter udara masih ada isinya semua,” sahut Rony salah satu mekanik BRT.

Kemudian motor diajak ‘berlari’ di atas mesin Dynojet 250i milik BRT sambil mencari kombinasi pilot jet serta main jet yang pas.