Daihatsu Tak Perpanjang Ribuan Karyawan Kontrak, Imbas Penjualan Anjlok

Naufal Shafly,Ignatius Ferdian - Jumat, 19 Juni 2020 | 22:00 WIB

Ilustrasi booth Daihatsu di pameran otomotif (Naufal Shafly,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), memastikan tak ada pemecatan karyawan di masa pandemi Covid-19.

Dari sisi AI-DSO, Marketing and CR Division Head AI-DSO, Hendrayadi Lastiyoso, menjelaskan kalau jumlah karyawannya saat ini masih sama seperti sebelum Covid-19.

"Dari Astra Internasional arahannya belum ada, sehingga sampai saat ini karyawan kami masih sama dengan sebelum waktu pandemi," ujar Hendrayadi dalam acara Virtual Press Conference (19/6).

Sementara, hal serupa juga diungkapkan oleh Marketing Director ADM, Amelia Tjandra, yang mengaku saat ini tak ada karyawannya yang di-PHK.

Meski begitu, ia mengatakan, ADM mengambil kebijakan untuk tidak memperpanjang para karyawan kontrak, yang masa baktinya habis di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Untuk karyawan di Astra Daihatsu Motor tidak ada PHK. Tetapi mereka yang masa kontraknya habis saat ini, diputuskan untuk tidak diperpanjang," terang wanita yang biasa disapa Amel ini.

Mengenai jumlah karyawan yang kontraknya tak lagi diperpanjang, Amel mengaku belum mendapatkan data pastinya.

Tetapi, ia meyakini jumlahnya mencapai sekitar 1.000 orang.

Baca Juga: Daihatsu Prediksi Penjualan Juni Merangkak Naik, Setelah Anjlok di Bulan Mei