Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Tahap Pembebasan Lahan, Terbagi 3 Paket

Irsyaad Wijaya - Selasa, 7 Juli 2020 | 13:45 WIB

Sebagian Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ditargetkan rampung sebelum Lebaran 2020 (Irsyaad Wijaya - )

Otomotifnet.com - Progres pembangunan tol Jakarta-Cikampek II terus berlanjut agar bisa memangkas waktu perjalanan dari Ibu Kota ke Purwakarta.

Saat ini menurut Direktur Tekhnik PT Jasa Marga Japek Selatan (JJS), Bambang Sulistyo, proses pembebasan lahan tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar-Sadang) sudah 76,99 persen per akhir Juni 2020.

Sedangkan, pembangunan fisik jalan tol tersebut sudah mencapai 27,16 persen.

Sementara, pembebasan lahan tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 2 (Setu-Taman Mekar) masih sekitar 8,14 persen dan Paket 1 (Jatiasih-Setu) baru dimulai dengan kemajuan 0,99 persen.

Baca Juga: PT Jasa Marga Bangun Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Panjang 62 km, Ini Rutenya!

"Proses konstruksi untuk Paket 1 dan 2 masih menunggu progres pengadaan lahan dan penyelesaian Detail Engineering Design (DED)," kata Bambang dalam siaran pers, (6/7/20).

Saat ini, JJS terus mengupayakan percepatan pembebasan dengan melakukan identifikasi permasalahan pengadaan tanah di lapangan.

Dok. Jasa marga.
Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Selain itu, JJS juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk meminimalisasi kendala agar pembangunan fisik dapat dipercepat.

Bambang mengungkapkan, JJS masih melakukan penjajakan kerjasama dengan Lembaga Aset Negara (LMAN) untuk menyelesaikan sisa anggaran tahun 2016 hingga 2019.