Kijang Innova Dan Fortuner 2019 Kena Recall, Brake Vacuum Hose Rawan Malfungsi

Dwi Wahyu R.,Ignatius Ferdian - Selasa, 25 Agustus 2020 | 17:35 WIB

Toyota Kijang Innova (Dwi Wahyu R.,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Terpantau Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner produksi Agustus 2019 kena recall PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Berdasar keterangan resmi, recall Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner buatan Agustus 2019 karena terindikasi ada masalah pada brake vacuum hose.

Brake vacuum hose adalah slang yang menghubungkan brake vacuum pump (pompa vakum) ke brake booster untuk mensuplai atau menambah kekuatan vakum yang diperlukan saat pengereman.

Brake vacuum hose mobil yang di-recall ini memiliki potensi malfungsi yang kalau dibiarkan bisa membuatnya berubah bentuk.

toyota.astra.co.id
Ilustrasi Toyota Fortuner

Jika slang vakum ini berubah bentuk, maka brake booster sewaktu-waktu dapat kehilangan pasokan kevakuman dari pompa vakum yang membuatnya tidak bisa berfungsi normal.

Akibatnya pedal rem terasa berat saat diinjak dan mengurangi kemampuan pengereman.

"Untuk itu, kami sangat anjurkan agar pemilik Toyota Kijang Innova dan Fortuner produksi Agustus 2019 segera mengecek kendaraannya demi kenyamanan dan keselamatan berkendara," jelas Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM dalam keterangan resminya.

PT TAM telah mengirimkan surat ke pada pelanggan yang terkena recall kali ini agar membawa kendaraannya ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan.

Baca Juga: Kijang Innova, Fortuner, Hilux, Corolla, Alphard dan FJ Cruiser Kena Recall, Fuel Pump Bermasalah