Mobil Matik Saat Berhenti Sesaat, Tuas Transmisi Baiknya di P atau N?

Andhika Arthawijaya - Selasa, 15 September 2020 | 23:20 WIB

Posisi gigi transmisi otomatis yang safety saat berhenti sebentar (Andhika Arthawijaya - )

Otomotifnet.com – Sampai saat ini masih jadi perdebatan di kalangan pengguna mobil bertransmisi otomatis alias matik, yakni mengenai posisi gigi yang seharusnya saat mobil berhenti sesaat, apakah di P (Parking) atau di di N (Neutral).

Nah, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), kasih tips & trik yang benar mengenai bagaimana memposisikan tuas transmisi yang benar saat berhenti sesaat, misalnya ketika mobil tertahan oleh traffic light.

Menurut Aji Prima Barus Nurcahya, Technical Service Division Service Training Departement PT ADM, posisi transmisi yang safety saat mobil berhenti sesaat, adalah di N.

Sebab, lanjutnya dalam acara virtual workshop mengenai transmisi otomatis dengan Sahabat Jurnalis pada Selasa sore (15/9/2020), banyak kasus mobil ‘nyeruduk’ kala lagi berhenti, akibat salah memposisikan gigi transmisi matiknya.

Baca Juga: Daihatsu Gelar Virtual Workshop, Beberkan Teknik Perlakuan Transmisi Otomatis Yang Benar

Nugie/GridOto.com
Ilustrrasi posisi tuas transmisi matik

Hal tersebut lantaran tak sedikit pengguna mobil matik yang kerap memposisikan gigi transmisi di D, sembari menekan pedal rem.

Padahal dalam kondisi tersebut, bisa saja injakan pedal rem mengendur, atau tidak sengaja kaki menyentuh pedal gas, sehingga mengakibatkan mobil bergerak maju dan akhirnya terjadilah accident.

“Fungsi diposisikan di N, supaya tidak terjadi insiden atau accindet tersebut,” jelas Aji.

Sementara bila diposisi di P, lanjutnya, akan berbahaya ketika si driver salah memasukkan gigi saat hendak jalan lagi.