Integrasi Tol Jagorawi Menyambung Cimanggis Cibitung, Sudah Beroperasi

Harryt MR - Rabu, 11 November 2020 | 09:00 WIB

Akses masuk dan keluar dari Tol Jagorawi menuju Tol Cimanggis-Cibitung sudah bisa digunakan (Harryt MR - )

Otomotifnet.com - Integrasi tol Jagorawi dengan tol Cimanggis-Cibitung telah resmi beroperasi (10/11/2020).

Alhasil akses masuk dan keluar dari Tol Jagorawi menuju Tol Cimanggis-Cibitung sudah bisa digunakan.

Yakni melalui Gerbang Tol (GT) Cimanggis 4 dan 5. Pengoperasian kedua GT ini terkait mulai beroperasinya Ruas Tol Cimanggis-Cibitung, Seksi 1 Segmen Junction Cimanggis–Jatikarya sepanjang 2,75 km.

Dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT), berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, nomor 1540/KPTS/M/2020 tertanggal 26 Oktober 2020.

Adapun Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional (JMTR) sebagai pengelola ruas Tol Jagorawi, akan mengoperasikan GT Cimanggis 4 dan 5.

Yakni sebagai akses penghubung ruas Cimanggis-Cibitung dengan Tol Jagorawi.

Baca Juga: Bedah Fitur Si Komo Jasa Marga, Penyelamat Kecelakaan Mobil Gede

GT Cimanggis 4 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jatikarya/Cibubur/Transyogi menuju Jakarta, sedangkan GT Cimanggis 5 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Jatikarya/Cibubur/Transyogi.

Pengoperasian GT ini diharapkan dapat menjadi alternatif titik transaksi, dan mengantisipasi kepadatan Jalan Alternatif Cibubur bagi pengguna jalan yang berasal/menuju Cibubur, Transyogi, Cileungsi dan sekitarnya.

Sebab berpotensi menumbuhkan bangkitan lalu lintas bagi Ruas Jagorawi, dengan dioperasikannya akses baru Cimanggis–Cibitung.

“GT Cimanggis 4 memiliki total 4 gardu operasi yang terdiri dari 2 gardu single untuk golongan 1 non bus, dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk,”