Audio Mobil Terselamatkan Meski Terendam Banjir, Bisa Direkondisi Sendiri Asal Cepat

Ditta Aditya Pratama,Irsyaad Wijaya - Rabu, 24 Februari 2021 | 11:30 WIB

Toyota Alphard Korban Terendam Banjir (Ditta Aditya Pratama,Irsyaad Wijaya - )

Otomotifnet.com - Banjir dengan ketinggian satu meter lebih, biasanya bukan cuma mengancam mesin tapi juga sistem audio.

Jika dilakukan sedini mungkin atau cepat, audio mobil ternyata masih bisa terselamatkan dengan cara direkondisi.

Mengutip majalah AutoBild Indonesia edisi 282 - Februari 2014, sebetulnya rekondisi sistem audio pada mobil bisa dilakukan sendiri oleh pemilik meski harus rela sedikit repot karena bongkar sana sini.

Karena semua komponen audio yang terkena banjir dapat direkondisi, asalkan jika ditangani sedini mungkin.

Namun perbaikannya harus secara manual. Komponen dilepas satu persatu dan langsung di­keringkan setelah mobil tak lagi terendam banjir.

Baca Juga: Mobil Terendam Banjir Bikin Banyak Komponen Jadi Korban, Kondensor AC Salah Satunya

ryan/gridoto.com
Lepas kepala aki saat mobil kebanjiran

Pertama, pastikan semua komponennya dimatikan dan langsung cabut dari kabel aki.

Untuk rekondisi speaker atau subwoofer, komponen yang dibuat dengan material conus terbuat dari polypropelene atau serat karbon yang diberi coating lebih aman dari bahaya air banjir.

Tetapi tidak bagi conus yang menggunakan kertas. Speaker dan subwoofer jenis ini masih bisa direkondisi dengan mengganti satu set conus berikut surround-nya.

Pisahkan semua komponennya, yakni voice coil dan pole piece. Bersihkan voice coil dari jamur atau lumpur yang me­nempel.

Sementara pole piece di dalam coil yang sudah berkarat akibat terkena air masih dapat dibersihkan menggunakan cairan penetran serta menghilangkan karat dengan diampelas halus.