Yamaha NMAX Tenaga Jadi 12 Dk, Modal Ganti Knalpot Racing, Ini Hasil Dyno Test-nya

Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - Sabtu, 27 Februari 2021 | 13:36 WIB

Knalpot ROB1 untuk All New NMAX. (Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Yamaha NMAX 2020 bisa didongkrak tenaganya cuma dengan ganti knalpot bawaan pakai knalpot racing.

Memang mengganti knalpot jadi salah satu cara instan meningkatkan tenaga mesin, tampilan serta memberikan suara yang berbeda di motor.

Supaya hasilnya lebih akurat, tim pun membandingkan perubahan tenaga mesin yang terjadi dengan mengetes di atas mesin dyno.

“Perlu diketahui bahwa beda merek atau tipe knalpot yang dipasang, maka hasil tenaga, torsi dan karakter motor bisa berbeda,” buka Yoyok Wahyudi, kepala mekanik Duta Motorsport, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Honda PCX Tanam Kampas Ganda NMAX, Gredek Masih Ada, Ini Biang Masalahnya

Duta Motorsport
Hasil dyno test Yamaha NMAX 2020 knalpot racing (atas) knalpot standar (bawah)

Dalam pengetesan yang dicoba kali ini, dilakukan pengetesan produk knalpot dari Rob1 Racing yang punya tampilan dan suara mirip knalpot standar.

Pengetesan sendiri dilakukan diatas mesin dyno merek Dynojet 250i dan dilakukan beberapa running test untuk mendapatkan hasil terbaik.

“Yamaha NMAX 2020 standar didapat tenaga 11,04 dk, kemudian dengan knalpot aftermarket Rob1 terjadi kenaikan tenaga sekitar 1,7 dk menjadi 12,11 dk,” jelasnya.

Berdasarkan kurva persebaran tenaga dari hasil dyno test, kenaikan tenaga terbesar terlihat didapat saat mesin menyentuh putaran atas.

Baca Juga: Yamaha NMAX ECU Direset, Biaya Enggak Mahal, Di Bengkel Resmi Cuma Segini