Chevrolet Orlando Lawas Diincar, Waspada Aksi Nakal Penjual, Part Ini Sering Diakali

Ignatius Ferdian,Harun Rasyid - Senin, 1 Maret 2021 | 19:10 WIB

Ilustrasi Chevrolet Orlando (Ignatius Ferdian,Harun Rasyid - )

Otomotifnet.comChevrolet Orlando tahun 2012 hingga 2017 terpantau di pasar mobil bekas (mobkas) punya banderol mulai Rp 117 juta hingga Rp 185 juta tergantung kondisi.

Selain usianya yang tergolong muda, Chevrolet Orlando bekas juga menarik untuk diboyong karena mesin 1.800 cc yang diusung terbilang bandel.

Tapi ada sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum meminang Chevrolet Orlando bekas.

"Pertama sih menurut saya harus scan ke bengkel untuk mengecek data kelistrikannya (electrical). Sebab, ada beberapa kasus panel indikator Chevrolet Orlando sengaja dimatikan oleh penjual," buka Indra Budi Setiawan, Owner bengkel spesialis Chevrolet Auri di Depok, Jawa Barat (26/2/2021).

Baca Juga: Chevrolet Orlando Dilirik, Bengkel Beberkan Kelebihan, Nyaman Dibuat Ngebut?

Indra menjelaskan, kecurangan yang dilakukan oknum penjual nakal ini tujuannya untuk menutupi kekurangan dari unit yang dijual.

"Jadi oknum ini sengaja mematikan indikator supaya masalah di mobil enggak ketahuan. Tapi cara seperti itu bisa ketahuan kalau mobil dicek data kelistrikannya, makanya kecurangan ini sudah banyak bikin konsumen tertipu," sebut Indra.

Ia menerangkan, biaya pengecekan data electrical Chevrolet Orlando di bengkelnya menghabiskan biaya ratusan ribu rupiah.

"Kalau untuk jasa scan saja, sekitar Rp 175 ribu sampai Rp 200 ribu. Setelah scan, kami akan jelaskan juga kondisi kekurangan di mobil itu agar konsumen tahu part dan bagian mana yang harus diperbaiki," kata Indra.

Baca Juga: Chevrolet Orlando Seken Dilirik, MPV Non Jepang, Mulai Rp 100 Jutaan