Piaggio, KTM, Honda dan Yamaha Kompak, Akan Bikin Baterai Motor Listrik Bareng

Antonius Yuliyanto - Rabu, 10 Maret 2021 | 21:25 WIB

Ilustrasi baterai motor listrik (Antonius Yuliyanto - )

Otomotifnet.com - Salah satu kelemahan dari motor listrik adalah lamanya pengecasan dan terbatasnya jarak tempuh.

Tapi, beberapa tahun mendatang tampaknya kelemahan itu bisa diatasi, karena beberapa pabrikan sudah bersepakat membentuk konsorsium dalam hal untuk menyamakan baterai yang bisa ditukar atau diswap.

Dengan baterai bisa diswap dan saling tukar, tentunya akan memudahkan para pengguna motor listrik, ketika baterai sudah habis, tinggal tukar saja tanpa perlu kelamaan menunggu dicas.

Adalah Piaggio Group (PIA.MI), yang hari ini (10/3/2021) mengumumkan bahwa perusahaan telah menandatangani surat kesepakatan dengan KTM AG, Honda Motor Co.,Ltd, dan Yamaha Motor Co., Ltd, dalam mempersiapkan Konsorsium Baterai Swap untuk Sepeda Motor dan Kendaraan Listrik ringan.

Baca Juga: Piaggio Indonesia Hadirkan Dealer Premium Motoplex, Wadahi 4 Brand Dalam Satu Atap

Dalam konteks Paris Climate Agreement dan transisi terhadap elektromobilitas, para anggota pendiri konsorsium percaya bahwa ketersediaan terhadap sistem standar baterai yang dapat ditukar (swap), dapat mempromosikan perluasan kegunaan kendaraan listrik ringan dan berkontribusi kepada siklus pengelolaan baterai yang lebih mumpuni untuk digunakan dalam sektor transportasi.

Dengan memperluas jangkauan, mempersingkat waktu pengisian dan menurunkan biaya kendaraan dan infrastruktur, para produsen berusaha menjawab kekhawatiran utama para pelanggan mengenai masa depan elektromobilitas.

Tujuan konsorsium ini adalah untuk mendefinisikan standar spesifikasi sistem baterai yang dapat ditukar untuk kendaraaan yang masuk ke dalam kategori-L: moped, sepeda motor, sepeda tiga roda dan sepeda empat roda.

Melalui kerjasama dengan para stakeholder dan badan standarisasi nasional, Eropa dan internasional, para anggota pendiri Konsorsium akan terlibat dalam penciptaan standar teknis internasional.