Penjualan Toyota Melonjak 155%, Pabrik Diminta Tingkatkan Produksi

Harryt MR - Minggu, 14 Maret 2021 | 22:45 WIB

(ilustrasi) Terdapat 5 model Toyota yang memperoleh diskon PPnBM sebesar 100% selama bulan Maret – Mei 2021, yakni Yaris, Vios, Sienta, Avanza, dan Rush (Harryt MR - )

Otomotifnet.com - Peningkatan penjualan pascarelaksasi PPnBM DTP (Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah, dirasakan berbuah manis oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

TAM melaporkan peningkatan penjualan yang cukup tajam sejak kebijakan tersebut bergulir. Hal ini disampaikan Anton Jimmy Suwandy, Marketing Director TAM.

Ia mengatakan penjualan mobil Toyota yang mendapatkan insentif PPnBM mengalami peningkatan signifikan. Hal tersebut terlihat dari total Surat Pembelian Kendaraan (SPK) yang tercatat di dealer.

“Dari data 1-8 Maret 2021, untuk Avanza, Sienta, Rush, dan Yaris, SPK-nya naik sekitar 94-155% kalau dibandingkan dengan SPK bulan Februari di tanggal yang sama,” ungkap Anton.

Baca Juga: Mulai Terendus Ada Peningkatan Penjualan Berkat Relaksasi PPnBM

Lebih lanjut, untuk Vios yang mendapatkan diskon terbesar hingga Rp 65 juta imbas dari insentif PPnBM, penjualannya naik lebih besar lagi, karena sebelumnya permintaannya memang tidak banyak.

Anton kembali mengatakan bahwa pihaknya sudah meminta pabrik untuk meningkatkan produksinya.

“Sekarang kami sedang memonitor kondisi stok, karena tidak mudah juga pabrik menambah produksi dalam waktu singkat,” tambahnya, melalui siaran pers yang dirilis Kementerian Perindustrian (13/3/2021).

Kementerian Perindustrian optimistis pelaksanaan kebijakan ini dapat berjalan baik, tepat sasaran, dan menguntungkan baik konsumen maupun sektor industri.