Gampang Kok, Begini Lho Cara Bedakan Kiprok Asli Atau Palsu di Motor

Muhammad Farhan,Ferdian - Sabtu, 11 September 2021 | 18:20 WIB

Ilustrasi kiprok (Muhammad Farhan,Ferdian - )

Otomotifnet.com - Bisa bikin rugi besar, ada yang perlu diperhatikan saat sedang membeli apakah kiprok tersebut palsu atau asli.

Perlu diketahui, sebagai pengatur arus di kelistrikan motor, kiprok bisa menentukan awet tidaknya perangkat kelistrikan di motor terutama aki.

Jadi apabila kiprok di motor kondisinya rusak dan perlu diganti, hindari penggunaan kiprok palsu demi keamanan dan keselamatan di jalan.

“Kiprok palsu atau imitasi kebanyakan efeknya menjadi sebab lampu redup, motor mogok dan aki tekor karena proses pengisiannya bermasalah,” jelas Taufik Hidayat, pemilik bengkel Barokah Service, Jl. Moh Kahfi II No.33 Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Makanya untuk komponen kelistrikan, pastikan untuk selalu gunakan komponen asli agar terhindar dari persoalan di atas.

Baca Juga: Anak Motor Harus Paham Nih, Ini Fungsi Penting Kiprok di Kelistrikan

Meskipun mungkin harganya komponen asli lebih mahal, namun kualitasnya terjamin dan mencegah motor kembali bermasalah di bagian kelistrikan saat digunakan.

“Cara lihat kiprok asli dan palsu bisa lihat dari kemasan dan barangnya sendiri. Kalau asli biasanya tercetak kode yang jelas dan finishing kiprok yang rapi,” terangnya.

Kiprok asli tentu fisiknya identik dengan kiprok bawaan motor, sedangkan kiprok palsu biasanya tampak polos tanpa kode dan teksturnya terasa kasar.

Kalau enggak yakin, mudahnya kalian bisa beli kiprok ke bengkel resmi atau toko terpercaya yang bisa menunjukkan perbedaan jelas antara kiprok palsu dan asli.

Paling utama, periksa harga yang ditawarkan sebab kebanyakan kiprok palsu dijual jauh di bawah harga kiprok asli dari pabrikan motor.