Sudah Jadi Thesis Minyak Kayu Putih Bikin Irit Bensin, Pertamina Malah Bilang Begini

Irsyaad W,Muslimin Trisyuliono - Selasa, 28 September 2021 | 11:45 WIB

Fakta ilmiah efek minyak kayu putih yang dicampur ke bensin, gak cuma untuk menangkal Covid-19. (Irsyaad W,Muslimin Trisyuliono - )

Otomotifnet.com - Minyak kayu putih terbukti bikin irit konsumsi BBM jika dicampur ke tangki bensin.

Bahkan penggunaan minyak kayu putih sebagai aditif pada bensin kendaraan dijadikan thesis oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Malang.

Judul karya ilmiah tersebut 'Pengaruh campuran minyak kayu putih pada Pertalite terhadap kinerja motor bensin Honda Supra X 125 R'.

Diterangkan dalam karya ilmiah tersebut, minyak kayu putih sebagai alternatif untuk meningkatkan efisiensi pembakaran mesin dan mengurangi pencemaran.

Caranya dengan memformulasi bahan bakar dengan zat aditif yang berfungsi untuk memperkaya kandungan oksigen dalam bahan bakar.

Baca Juga: Biasanya Buat Kerokan, Minyak Kayu Putih Terbukti Bikin Motor Irit Bensin

Dengan menambahkan zat aditif minyak kayu putih sebesar 4 ml dalam 1 liter bensin dapat menaikan performa motor bakar dan menurunkan konsumsi bahan bakar.

Namun, pernyataan dari Thesis yang tentu sudah melalui pengujian panjang ini dibantah begitu saja oleh PT Pertamina.

Disampaikan oleh Putut Andriatno, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading.

Bahwa, tidak merekomendasi konsumennya untuk mencampur BBM Pertamina dengan zat aditif tambahan seperti minyak kayu putih.

"Pertamina tidak menyarankan untuk mencampur aditif atau zat tambahan apapun di dalam produk kami," ujar Putut Andriatno, (24/9/21).