Akhirnya Bisa Tidur Nyenyak, Ini Maksud Vespa 2-Tak Dimiringin Sebelum Distarter

Ferdian,Harun Rasyid - Selasa, 8 Maret 2022 | 20:40 WIB

Proses detailing motor Vespa PX di Motospa Jakarta (Ferdian,Harun Rasyid - )

Otomotifnet.com - Pasti ada yang pernah lihat Vespa 2-tak dimiringkan ke kanan sebelum mesinnya dihidupkan, ternyata maksudnya seperti ini, akhirnya bisa tidur nyenyak.

Memiringkan Vespa 2-tak ke kanan memang menjadi pemandangan unik bahkan kebiasaan sebagian pengguna Vespa 2-tak.

Tapi biasanya memiringkan Vespa 2-tak ke kanan dilakukan saat kondisi mesin dalam keadaan dingin atau sudah lama tidak dipakai.

Tindakan ini bukan tanpa alasan, karena mesin Vespa 2-tak akan cukup sulit menyala jika tidak dimiringkan sebelum dikendarai.

Syafrizal selaku Penghobi skuter lawas asal Italia itu mengatakan, kebiasaan memiringkan Vespa 2-tak ke kanan dikarenakan posisi mesin yang berbeda dari motor pada umumnya.

Namun sebenarnya, tidak semua Vespa 2-tak perlu dimiringkan sebelum dihidupkan.

"Ini khusus untuk Vespa seri Largeframe semisal PX Series, Super 150, Sprint 150 atau seri Wideframe semisal VBB yang mesinnya ada di kanan," kata pria yang pernah bekerja sebagai Montir Vespa 2-tak di Bengkel Isal di Depok beberapa waktu lalu.

Harun/GridOto.com
Ilustrasi memiringkan Vespa 2 tak ke kanan sebelum dihidupkan

"Jadi ini dilakukan agar bensin turun ke karburator dan masuk ruang bakar. Hal ini memang cuma ada di Vespa saja, kalau motor lain enggak perlu," lanjutnya.

Pria pengguna Vespa Spartan 200 ini menuturkan, kebiasaan memiringkan motor bermula dari kondisi pelampung bensinnya yang rusak karena usia.