Bisa Nyantai di Perjalanan, Kereta Api Buka Mudik Motor Gratis, Syarat Mudah

Ferdian,Muslimin Trisyuliono - Rabu, 20 April 2022 | 20:35 WIB

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui KAI Logistik membuka pendaftaran mudik motor gratis (Motis). (Ferdian,Muslimin Trisyuliono - )

Otomotifnet.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui KAI Logistik membuka pendaftaran mudik motor gratis (Motis).

Manager Area Barat KAI Logistik, Toto Subiantoro, mengatakan, program tahunan dari pemerintah ini bertujuan untuk menekan jumlah pemudik dengan motor dan menekan kemungkinan risiko kecelakaan lalu lintas.

"Motis atau mudik motor gratis adalah salah satu program dari Kementerian Perhubungan yang diadakan tiap tahun untuk mengantisipasi angka kecelakaan di jalan," ujar Toto (20/04/2022).

Adapun rute mudik motor gratis pada 2022 ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Yakni lintas utara meliputi Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun tegal, Stasiun tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang (PP).

Sementara lintas selatan meliputi Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujukan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kurtoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari (PP).

Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 20 April sampai 8 Mei 22 dengan ketersediaan kuota sebanyak 9.280 motor.

"Persyaratan ada perubahan dibanding tahun lalu khusus yang memiliki tiket kereta api saja. Sekarang dari pemerintah diperluas selain tiket kereta api, punya tiket bus dan travel bisa ikut," sambungnya.

Toto melanjutkan, pendaftaran bisa dilakukan dengan dua skema yakni online melalui https://bit.ly/motis2022 dan pendaftaran langsung di Stasiun Jakarta Gudang.

Berikut persyaratan dan ketentuan pendaftaran program Motis dari KAI Logistik: