Terkuak Alasan Kernet Bus Maut di Tol Sumo Gantikan Sopir Utama, Ngaku Kasihan

Ferdian - Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:20 WIB

Tersangka, Ade Firmansyah, sopir bus pariwisata PO Ardiansyah yang alami kecelakaan maut di tol Surabaya-Mojokerto ketika jalani pemeriksaan lanjutan di Unit Laka Satlantas Polres Mojokerto Kota, (20/5/22) (Ferdian - )

Otomotifnet.com - Terungkap, Pergantian sopir bus maut di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), KM 712.400/A, hingga menewaskan 16 orang dilakukan secara sepihak oleh sopir cadangan, Ade Firmansyah.

Pergantian sopir tersebut dilakukan saat bus bernopol S-7322-UW itu berada di sebuah Rest Area Tol Saradan-Madiun, KM 626/A, disela perjalanan pulang ke Surabaya (16/5/2022) dini hari.

Kepada penyidik Unit Kecelakaan Satlantas Polres Mojokerto Kota, Ade mengaku, pihaknya berinisiatif sepihak untuk menggantikan Ari mengemudi, karena melihat temannya sedang tertidur pulas di bagasi bus.

"Pemeriksaan dari Ade Firmansyah, kernet itu juga demikian, kernetnya ini mengambil inisiasi sendiri. Karena tidak tega melihat sopir utama kelelahan sehingga mengambil alih itu kemudinya. Ade mengakui kalau itu inisiatif sendiri," ujarnya saat dihubungi (20/5/2022).

Sopir utama memilih tidur di bagasi bus sembari menunggu para penumpang beristirahat memanfaatkan fasilitas, selama singgah sementara di rest area tersebut.

Ade, lanjut Kombes Pol Dirmanto, mengaku merasa kasihan terhadap temannya yang sedang tidur terlelap di bagasi bus.

Lalu, Ade berinisiatif mengambil alih kemudi bus tanpa sepengetahuan dari sang teman.

Kemudian, Ade melanjutkan perjalanan pulang mengemudikan bus tersebut, menuju Kota Surabaya.

Surya.co.id/Habiburrohman
Kondisi bus Pariwisata PO Ardiansyah yang alami kecelakaan maut di ruas tol Surabaya-Mojokerto, Jawa Timur

Namun nahas, setibanya di Tol Sumo, KM 712.400, bus menghantam tiang papan reklame di bahu jalan sebelah kiri.