Dikeluhkan Jadi Boros, Batas Maksimum Suhu Penguapan Pertalite Segini

Irsyaad W - Jumat, 23 September 2022 | 10:12 WIB

Ilustrasi isi bensin Pertalite. Beredar isu di tengah masyarakat jika kualitas Pertalite menurun setelah harga Pertalite naik, begini penjelasan pihak Pertamina. (Irsyaad W - )

Otomotifnet.com - Belakangan ramai keluhan Pertalite terasa jadi boros.

Banyak yang menilai kualitas Pertalite menurun dan mudah menguap.

Namun tudingan tersebut dibantah Pertamina.

Dikatakan, kualitas Pertalite masih tetap sama.

Hal ini seperti dikatakan Brasto Galih Nugroho, Manager Communication, Relation and Coorporate Social Responsibility Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) PT Pertamina Patra Niaga.

"Standar sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 yang Dipasarkan dalam negeri," ucapnya, Kamis (22/9/2022).

Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar diantaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP).

Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi Pertalite (paling kiri) berwarna hijau, Pertamax berwana biru (tengah) dan Pertamax Turbo berwarna merah (paling Kanan)

Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diijinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal).

Adapun penguapan dapat berubah lebih cepat jika temperatur penyimpanan meningkat.