Kebijakan Baru Motor dan Mobil Listrik Akan Diumumkan Jokowi, Diduga Subsidi Rp 6,5 Juta

Irsyaad W - Jumat, 9 Desember 2022 | 09:05 WIB

IIMS Motobike Resmi Digelar Hari Ini, Dibuka Menperin, Kental Kendaraan Listrik (Irsyaad W - )

Otomotifnet.com - Motor dan mobil listrik akan mendapat kebijakan baru.

Rencananya kebijakan baru yang masih misterius akan diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Informasi itu disampaikan Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Namun meski diakui sudah masuk perbincangan serius, belum dinyatakan lebih rinci kebijakan seperti apa yang akan diumumkan nanti.

Hal itu dikatakannya saat Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI yang disiarkan via YouTube Komisi VII DPR RI Channel, (7/12/22).

"Saya bisa sampaikan di sini, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan ada policy baru dari pemerintah yang jujur saja baru dirapatkan kemarin dipimpin bapak presiden, mungkin belum bisa saya buka tapi itu juga salah satu cara pemerintah RI untuk mendorong lebih cepatnya pertumbuhan industri kendaraan listrik baik itu mobil atau roda dua," kata Agus.

Berdasarkan kebijakan yang sedang hangat diperbincangkan belakangan ini, kemungkinan besar kebijakan terkait ialah soal subsidi atau insentif harga.

Aries Aditya/GridOto
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)

Mengingat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan sempat mengungkapkan akan ada subsidi pembelian motor listrik sebesar Rp 6,5 juta.

Kemudian, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif bersama Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi juga terus mendorong hadirnya subsidi terhadap aktivitas konversi kendaraan bensin jadi listrik supaya lebih terjangkau.