Jangan Lewat Jalur Pansela di Malam Hari, Kemenhub Beberkan Alasannya

Ferdian - Senin, 23 Januari 2023 | 16:15 WIB

Lewat jalur Pansela untuk sementara ini tidak disarankan dilakukan pada malam hari (Ferdian - )

Otomotifnet.com - Jalur Pantai Selatan (Pansela) sudah terhubung dari titik 0 kilometer (km) di Banten hingga Yogyakarta.

Hal ini dipastikan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) usai melakukan proses pengecekan selama tiga hari.

Meski begitu, terkait kondisi jalan, kelengkapan fasilitas seperti penerangan, marka, rambu jalan, dan sebagainya memang masih belum terpenuhi dengan baik.

Lantaran itu, Cucu Mulyana, Direktur Lalu Lintas Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, menyarankan tidak melalui Pansela saat malam hari.

"Kalaupun pengguna jalan saat ini mau menggunakan jalur tersebut (Pansela), ya mugkin disarankan (melewati) siang hari dulu," ucap Cucu kepada media di Kulon Progo, Yogyakarta (21/1/2023).

"Untuk saat ini ya, bila nanti sudah kita pasang perlengkapan jalan, terutama lampu penerangan dan sebagainya, kemudian katakanlah kolaborasi dengan kepolisian, itu bisa kita rekomendasikan untuk digunakan baik siang maupun malam," lanjutnya.

Tak hanya itu, berkaitan soal keselamatan berkendara melewati Pansela, dari pengecekan awal ada ruas jalan yang cukup berisiko untuk dilalui.

Menurut Cucu, antara ruas dari Cilacap sampai dengan Kebumen, khususnya di daerah Ayah, tidak direkomendasikan untuk dilewati.

Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Jalur Pansela

Apalagi digunakan sebagai lintas mudik nantinya.