Oli Mesin Mobil Diesel Modern Seharusnya Pakai Standar Mutu Apa?

Andhika Arthawijaya - Senin, 30 Januari 2023 | 22:30 WIB

Ilustrasi mesin diesel modern Toyota 2GD-FTV 2.4 liter dengan teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) intercooler (Andhika Arthawijaya - )

Otomotifnet.com – Banyak yang belum tahu, perkembangan teknologi pada mesin mobil diesel modern saat ini, membutuhkan pelumasan yang berbeda dari mobil diesel keluaran lama.

Hal tersebut diungkapkan Arief Hidayat, CEO Wealthy Group, dalam sebuah seminar mengenai oli yang digelar PT Wealthy Indah Perkasa beberapa waktu lalu.

Menurutnya, mobil-mobil diesel keluaran sekarang, sudah tidak seharusnya menggunakan oli mesin dengan standar mutu API Service CI.

“Itu buat mobil diesel kuno. Sudah enggak direkomendasi buat mesin-mesin diesel modern,” tukasnya.

Baca Juga: Oli Diesel Wealthy Optimus API CK-4, Dijajal Sejauh 8.000-an Km Cuma Berkurang Segini

Bahkan untuk standar API CJ4 yang saat ini masih banyak beredar di Indonesia, menurutnya sudah tidak seharusnya digunakan pada mobil-mobil diesel sekarang.

Dalam artikel yang dibuatnya, Arief menyebutkan bahwa dalam menetapkan standar oli mesin American Petroleum Institute (API) berpedoman pada perkembangan teknologi mesinnya.

“Secara berkala, API membuat kriteria baru menyesuaikan perkembangan tersebut,” jelasnya.

Dengan kata lain, ketika teknologi mesin berkembang dan menyesuaikan dengan tuntutan emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan, maka kebutuhan akan oli mesinnya ikut berubah.

"Emisi gas buang bukan hanya dipengaruhi oleh bahan bakar saja, tapi juga oli mesinnya," tukas Arief.