Besok Ada Operasi Keselamatan Jaya, Pelanggaran Ini Akan Ditilang

Ferdian - Senin, 6 Februari 2023 | 20:25 WIB

Ilustrasi Operasi Keselamatan Jaya (Ferdian - )

Otomotifnet.com - pelanggar awas ketar-ketir, polisi siap gelar Operasi Keselamatan Jaya 2023 pada tanggal 7 hingga 20 Februari mendatang.

Hal ini seperti disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Purwanta.

"Iya besok mulai (sosialisasi) di Patung (tugu) Tani, tujuannya untuk memberikan rasa aman para pengguna jalan, serta keselamatan berlalu lintas," kata Purwanta (6/3/2023).

Purwanta menegaskan, kalau aparat gabungan yang diturunkan dalam operasi tersebut akan mengedepankan langkah persuasif humanis.

"Dalam operasi ini nanti tentunya kepolisian akan lebih mengedepankan pola-pola preemtif, kemudian preventif, persuasif, dan humanis," ucapnya.

Menurut Purwanta, meskipun mengedepankan langkah persuasif petugas juga akan memberikan sanksi terhadap pelanggaran yang menjadi sasaran utama.

"Akan ada juga penegakan hukum terhadap pelanggar yang melakukan pelanggaran nantinya," tegasnya.

Kompol Purwanta, menyebutkan bahwa dalam operasi kali ini, kepolisian akan menindak sejumlah pelanggaran yang kasat mata.

Pelanggaran tersebut antara lain tidak menggunakan helm, melawan arah, hingga pelanggaran yang menyebabkan gangguan dan kemacetan lalu lintas.

"Pelanggaran dan lakalantas baik di jalan tol maupun non jalan tol juga akan ditindak. Jadi, kami imbau masyarakat untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas yang sudah ditetapkan," ujarnya.