Sambil Ngabuburit Yuk Bersihkan Plafon dan Jok Mobil, Begini Cara yang Benar

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 1 April 2023 | 19:00 WIB

Ilustrasi membersihkan plafon mobil yang kotor (Abdul Aziz Masindo - )

Otomotifnet.com - Sambil ngabuburit alias menunggu berbuka puasa, yuk bersihkan plafon mobil biar wangi dan bersih.

Terlebih pengendara ataupun penumpang yang sering merokok di dalam mobil, noda dan bau dari rokok bisa menempel di plafon mobil, ataupun noda dari makanan yang menempel.

Namun membersihkan plafon enggak bisa sembarangan, hhusus plafon yang berbahan bludru, jangan menggunakan sikat karena dapaat merusak struktur dari bludru tersebut, begitupun dengan menggunakan vacuum cleaner, karena serat-serat dari bludru dapat tertarik.

"Membersihkan plafon yang beludru itu harus hati-hati, jangan pakai sikat karena bisa rontok atau botak bludrunya, lebih baik pakai kain microfiber yang lembut," kata Mista selaku pemilik bengkel spesialis Plafon mobil dari Bintang Plafon di Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

"Lakukannya juga harus searah, jangan bolak-balik, ini supaya menjaga struktur plafon agar tetap mengikat," lanjutnya.

Abdul Aziz M/Otomotifnet.com
Ilustrasi membersihkan plafon mobil

Untuk bahannya, bisa menggunakan produk interior cleaner yang dijual di toko daring (online).

Setelah dirasa cukup bersih, keringkan dengan menggunakan kain microfiber atau lap chamios (kanebo) secara halus sampai benar-benar kering.

Mista juga menyarankan jangan menggunakan kain yang terlalu basah, sebab kain yang terlalu basah dikhawatirkan busa di dalam plafon bisa hancur dan lama-kelamaan bisa copot.

Sedangkan untuk jok yang berbahan fabric atau bludru, bisa juga menggunakan produk seperti interior cleaner yang dijual di toko online untuk jok bludru dan fabric.