Cara Parkir Mobil Matic Di Tanjakan Agar Transmisi Gak Ngejeduk Waktu Pindah Dari Gigi P

Andhika Arthawijaya - Rabu, 17 Mei 2023 | 14:15 WIB

Ilustrasi parkir di jalan menanjak (Andhika Arthawijaya - )

Otomotifnet.com - Mobil bertransmisi otomatis, baik itu transmisi matic konvensional (AT), CVT maupun DCT, pasti dibekali gigi P untuk keperluan parkir.

Selain itu terdapat pula hand brake untuk menahan kendaraan agar tidak bergerak, ketika mobil parkir atau berhenti di jalan yang miring, seperti tanjakan atau turunan.

Namun banyak kejadian, meski sudah menarik hand brake (rem tangan) saat parkir, tetap saja ada pengguna mobil matic yang kerap mengalami transmisinya ngejeduk ketika mobil hendak digunakan lagi.

Yakni kala mau pindah gigi dari P ke R, N, atau D. Kenapa bisa begitu?

Baca Juga: Rawat Transmisi Mobil Matic Biar Awet Tak Hanya Rutin Ganti Oli, Lakukan Ini Juga

Dari pemantauan OTOMOTIF pada beberapa pengguna mobil matic, banyak yang sering salah dalam proses memposisikan transmisi dan hand brake ini saat parkir di tempat yang miring.

Kebanyakan pengguna ketika mobil sudah berhenti di tempat parkiran yang miring, tuas transmisi langsung dipindahkan ke P, lalu injakan rem dikendurkan, baru kemudian tarik rem tangan.

Nah, ini yang sering menyebabkan efek ngejeduk atau tuas transmisi seperti nyangkut saat mau dipindah dari P ke gigi lain kala mobil hendak digunakan.

Lantas kalau sering mengalami kondisi seperti ini, apakah akan membuat transmisi cepat rusak?

Dok. Otomotif
Ilustrasi transmisi matic Toyota Corolla Altis 1.8 V