Lumayan, Selama Beberapa Minggu Mondar-mandir di Tol Cisumdawu Gak Mikir Saldo E-Toll

Irsyaad W - Rabu, 12 Juli 2023 | 09:30 WIB

New Baleno melintas di Cisumdawu Twin Tunnel menuju kota Cirebon (Irsyaad W - )

Otomotifnet.com - Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 (Cimalaka-Ujung Jaya) diresmikan Presiden Joko Widodo, (11/7/23).

Setelah peresmian, untuk beberapa minggu ke depan mondar-mandir di tol Cisumdawu gak mikir saldo e-toll.

Cukup lumayan buat mangkas biaya pengeluaran jika ingin menuju Cirebon secara cepat.

Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 18,3 triliun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, Tol Cisumdawu Seksi 4-6 akan dioperasikan tanpa tarif hingga dua atau tiga pekan ke depan.

"Dua-tiga minggu uji coba gratis, tapi tergantung Standar Pelayanan Minimal (SPM)-nya, saya minta ini dicek dulu," ucap Basuki, seperti dikutip dari siaran langsung Youtube Tribun Jawa Barat.

Nantinya, tarif Tol Cisumdawu adalah Rp 1.275 per kilometer.

Tarif ini jauh lebih murah karena mendapatkan dukungan Pemerintah sebesar 50 persen atau Rp 9,07 triliun dari total dana pembangunan.

Dok. Kementerian PUPR
Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4-Seksi 6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 km sudah siap difungsionalkan untuk arus mudik Lebaran 2023.

Tol Cisumdawu terletak di Jawa Barat dan sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban serta pengembangan ekonomi kawasan Ciayu, Majalengka, Kuningan dan Kawasan Rebana.