Bukan Pelat Merah Atau Khusus, Ini 3 Jenis Kendaraan Kebal Razia Tilang Uji Emisi

Irsyaad W - Sabtu, 2 September 2023 | 12:30 WIB

Mulai 1 September nanti, Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai melakukan razia uji emisi kendaraan di 15 titik. Tapi sebelum tanggal tersebut belum akan ada penilangan.(Antara via ABC Australia) (Irsyaad W - )

Otomotifnet.com - Razia tilang uji emisi kendaraan mulai berlaku per 1 September 2023.

Namun ada 3 jenis kendaraan sekelas dewa yang dipastikan lolos razia tilang uji emisi.

Justru kendaraan yang lolos razia tilang uji emisi bukan yang memiliki pelat nomor merah atau khusus.

Ketiga jenis kendaraan yang dimaksud yakni kendaraan yang sudah melakukan uji emisi mandiri dan dinyatakan lulus, kendaraan berbasis baterai, serta kendaraan lansiran 2021-2023.

Pola ini berlaku baik untuk mobil ataupun motor.

Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Lantas Jakarta Barat, AKP Sudarmo menjelaskan, berdasarkan kesepakatan dan diskusi dengan DLH, ketiga jenis kendaraan tersebut dianggap sudah memenuhi standar uji emisi, jadi tidak perlu diperiksa ulang.

Khusus untuk kendaraan lansiran 2021-2023, kadar emisinya dinilai cukup baik karena sudah menerapkan standardisasi euro 4.

Dinas Lingkungan Hidup
Ilustrasi tilang emisi gas buang kendaaraan di DKI Jakarta

"Kami koordinasikan dengan kawan-kawan DLH, memang kendaraan dengan usia di bawah 3 tahun dianggap aman, bebas tilang," ucapnya di Jakarta, (1/9/23).

Selama proses penilangan, Sudarmo menjelaskan jika anggota-anggota yang bertugas diminta untuk memperhatikan subyek tilang berdasarkan model kendaraan.