Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat Sendiri Kampas Rem Mitsubishi Grandis

Otomotifnet - Selasa, 5 Januari 2016 | 08:28 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Mitsubishi Grandis terkenal nyaman dengan mesin bertenaga berkat mesin MIVEC berkapasitas 2.400 cc. Nah, biasanya mobil dengan mesin kencang, apalagi dipakai di MPV yang sering membopong beban berat, biasanya kampas rem butuh diperhatikan lebih detail nih.

“Enaknya bongkar kampas rem Grandis gampang kok. Bisa dikerjakan sendiri loh,” papar Yogi Sutanto, pemilik bengkel GT Auto di Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Pondok Kopi, Kranji, Bekasi Barat yang jadi rekanan IdMOC ini. Menurut pebengkel yang aktif di IdMOC ini, hanya butuh kunci ring 14 mm, 17 mm dan gemuk untuk membuat sistem rem selalu prima. Itu pun bisa dikerjakan sendiri loh, enggak harus ke bengkel kok. Nah, apa saja yang mesti diperhatikan. Simak terus bagaimana caranya nih… • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
Langkah 1

Pertama posisikan mobil di tempat yang rata, lalu dongkrak dan lepas ban. Setelah terlepas, buka baut 14 mm yang terletak pada bagian bawah kaliper. Tarik kaliper ke arah depan sampai terlepas dari kampas rem, lalu lepas kaliper dengan ke arah mesin atau as roda.

No caption
No credit
No caption
Langkah 2

Buka juga 2 buah baut 17 mm pemegang braket kaliper dengan kunci ring. Lalu ambil kampas rem dan periksa kondisinya. “Kalau memang terlihat ada tumpukan kotoran atau ada baret, bisa dibantu ampelas untuk meratakan kampas,” ucap pria berkacamata ini.

No caption
No credit
No caption
Langkah 3

Kampas sudah rapi, tinggal rakit kembali deh. Tapi sebelumnya, olesi lubang pemegang baut braket kaliper dengan gemuk. “Tapi pakai rubber grease ya, jangan gemuk biasa. Soalnya gemuk jenis ini tidak mengikat debu yang berpotensi bikin kotor sistem rem,” wanti Yogi.

No caption
No credit
No caption
Langkah 4

Pasang pelat besi pemegang kampas pada kaliper, lalu pasang kembali kaliper pada braketnya. Saat memasang kampas rem, olesi sedikit gemuk biasa pada bagian ujung kampas. Selanjutnya pasang kembali karet penutup baut kaliper. Setelah itu, saat ingin memasang kaliper, pasang terlebih dahulu sisi atasnya dengan memasukkan baut 17 mm-nya, baru setelah itu dorong kaliper ke arah kampas.

Langkah 5

Terakhir tinggal kencangkan kedua baut 17 mm, lalu kencangkan juga baut 14 mm pemegang braket. Selesai deh proses DIY perawatan kampas rem ala IdMOC.

 

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa