Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda Vario 125 Tiga Roda, Bisa mundur!

Otomotifnet - Rabu, 2 Maret 2016 | 15:44 WIB
Honda Vario tiga roda Solo
OTOMOTIF
Honda Vario tiga roda Solo

Solo - R Win Development memang sudah berpengalaman bikin motor roda tiga atau trike. Dua roda di depan dengan suspensi yang bisa rebah sesuai angle kemiringan rider ala Piaggio MP3, bisa! Dua roda di belakang juga sudah biasa, tapi kali ini ada yang beda. Rubiyanto, owner R Win Development berinovasi bikin trike yang bisa mundur. Yang pertama dibuat oleh jebolan Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) ini untuk Usman asal Bogor, Jabar.

“Yang ini bisa mundur, tujuannya memudahkan untuk bermanuver, juga memudahkan saat parkir,” bangga Rubiyanto sambil menunjuk perangkat gearbox tambahan pada as roda belakang yang terpasang di konstruksi tiga rodanya.

Honda Vario tiga roda Solo
OTOMOTIF
Honda Vario tiga roda Solo
 

Untuk rancang bangun dua roda di belakang pada motor ini, diakui serupa dengan karya-karyanya terdahulu. Menggunakan pipa besi chromoly denum tebal 2,8 mm sebagai penopang roda. Diameternya disesuaikan dengan beban yang dipikul. Misalnya pipa U pemegang roda bagian atas, diameternya lebih besar karena sebagai lokasi bergantung roda.

Suspensinya ada dua, dipasang kanan-kiri dari produk aftermarket. Sedang rem cakramnya, juga ada dua. Menggunakan dua kaliper dan satu master rem copotan Honda GL Pro, jadi saat di tarik tuas remnya, roda kanan dan kiri akan melambat bersamaan. Disc brake-nya pakai copotan Honda Supra X 125 dan selang rem Vario.

Sedang untuk gearbox mundur, ayah 3 anak ini mendatangkan dari luar negeri alias built up. Aslinya, komponen standar Ski-Doo skuter salju buatan Canada. Dan menariknya, as roda belakang Vario 125 klop dipasangkan pada gearbox ini.

“As roda Vario yang langsung menjadi dudukan teromol atau pelek roda belakang itu, dengan mudah masuk pada gearbox Ski-Doo,” jelasnya. “Jeroannya, ketika saya bongkar sederhana. Ada piringan dan planetary gear sebagai pembalik arah,” beber Rubiyanto yang bengkelnya ada di Jl. Jambu, Jajar, Solo, Jateng.

“Di dalam gearbox Ski-Doo planetary gear-nya yang mempunyai kontruksi bisa bergeser kanan untuk gerak memutar balik dan bergeser ke kiri untuk gerak searah. Jadi membuat trike bisa maju dan mundur,” urainya.

Honda Vario tiga roda Solo
OTOMOTIF
Honda Vario tiga roda Solo
Nih, konstruksi dua roda di belakang, kokoh dengan pipa besi chromoly denum yang dihitung cermat kekuatannya. Sedang gearbox mundurnya adalah kotak hitam di samping rantai itu, buatan Canada lho

Aplikasinya, dari as roda belakang, transfer tenaga disalurkan dulu ke gearbox ini. Di antara rumah as roda dan gearbox Ski-Doo ini ada gear dan rantai untuk memutar roda belakang.

Untuk mengoperasikannya, Rubiyanto memasang tuas rem parkir mobil. Jika ingin mundur tarik dan kunci tuas tersebut persis seperti melakukan rem tangan, maka gearbox Ski-Doo akan membalik arah putaran as roda jadi ke belakang. “Jika ingin kembali maju, tinggal lepas saja, tekan tombol tuasnya lalu turunkan,” terang pria yang eksis di berbagai social media.

Sayangnya, ketika ditanya harga, warga Klodran Colomadu Fajar Indah, Solo ini mengaku belum menghitung harga pastinya karena harga gearbox yang masih impor lumayan mahal. Sebagai gambaran, modifikasi trike roda belakang, tanpa mundur biasa dipatok Rp 7 jutaan. Tertarik? • (otomotifnet.com)

Data modifikasi
Lengan ayun 3 roda : Custom
Gearbox : Ski-Doo, Canada
Rem cakram : Honda Supra X125
Master – Kaliper rem : Honda GL-Pro
Ban : IRC
Pelek belakang : Standar Honda Vario
R Win Development : 085740099945

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa