Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha RX-King, Hilangkan Kesan Motor Jambret

Dimas Pradopo - Senin, 25 Agustus 2014 | 08:26 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

“Biar tampil beda, dia ubah jadi flat tracker,”

Purwokerto - Mayoritas pemakai Yamaha RX-King lebih suka tampilan standarnya. Lihat deh di jalanan, jarang yang dimodifikasi sampai tampang berubah drastis. Paling hanya oprek mesin dan pasang sedikit aksesori. Tapi lain dengan yang dilakukan Agung Kristi, pemuda dari Purwokerto, Jateng. King-nya diapain?

“Biar tampil beda, dia ubah jadi flat tracker,” buka Siswo Winoto, modifikator dari Win’s Paddock yang mengubah motor 135 cc itu. Wah asyik tuh, ciri khas RX-King yang terkenal sebagai motor jambret pun hilang.

No caption
No credit
No caption

Batok lampu kotak datar bersanding dengan handel custom


Tampangnya memang berubah drastis, ciri khas seperti tangki kotak hilang, kecuali kita mau mengamati detail mesin. Tapi itu pun sudah berubah, lantaran cylinder head sudah ganti YZ125 lawas yang terkenal dengan sebutan head belimbing. Belum lagi sisi depan mesin sekilas ada kotak mirip radiator, yang ternyata wadah oli samping.

Knalpot khas RX-King yang model panjang pun sudah ganti model udang khas motor trail. “Saya pun terus terang lebih suka bikin tracker pakai motor 2 tak. Knalpotnya bisa diekspos lebih menonjol, makanya sekalian dikrom,” imbuh Wiwin, sapaannya.

No caption
No credit
No caption

Tangki custom berbahan fiberglass yang hanya muat bensin 6 liter. Tempat oli samping menyaru ala radiator

Untuk mengubah tampilan jadi flat tracker, Wiwin mengganti sasis pakai milik Yamaha DT, yang dirasa memang lebih klop lantaran basisnya sebagai motor penggaruk tanah. “Tapi komstir mesti disesuaikan dengan sokbreker Byson, potong sasis belakang biar flat dan bikin lengan ayun baru,” ujarnya.

No caption
No credit
No caption

Teromol andalkan punya KLX

Penggunaan sokbreker Byson yang berdiameter 41 mm membuat motor terlihat kekar. Klop setelah dipadukan dengan ban semi aspal Swallow seri SB117. Biar makin terekspos Wiwin sengaja enggak memasang sepatbor. Lalu sisi atas dikasih lampu dengan batok rata khas flat tracker.

Setang adopsi punya Byson juga. Nah yang unik handel rem dan koplingnya. Kalau cari di pasaran pasti enggak bakalan nemu! “Itu custom dari aluminium, tadinya mau dikasih handguard tapi bikin terlalu ramai, makanya bikin saja yang beda, modelnya mirip gunting,” ujar modifikator yang beralamat di Jl. Sunan Ampel No. 11, Pabuaran, Purwokerto Utara ini.


Potong sasis belakang biar berkesan padat

Geser sedikit ke belakang, tangki tentu dibikin ramping yang dibikin custom pakai fiberglass. Paduannya jok datar tipis dengan model mirip roti, jadi lapar nih ngetik-nya, hehee…

Terakhir dikasih sentuhan cat hijau kombinasi silver dan krom di beberapa komponen. Kemudian di batok lampu ada stiker bertuliskan Mad Wheels, yang ternyata brand apparel milik Agung.

Cakep! (motor.otomotifnet.com)

Data Modifikasi:
Ban: Swallow SB117 100/80-17 & 130/80-17
Pelek: TK 2.50x17 & 3.00x17
Sokbreker: Byson & YSS
Teromol: Kawasaki KLX150
Sasis: Yamaha DT
Lengan ayun: custom
Setang: Byson
Gas spontan: TDR
Handel: custom
Jok: MB Tech
Tangki: custom
Sepatbor: custom
Karburator: Ninja 150RR
Knalpot: DRT
Estimasi biaya: Rp 20 juta
Win’s Paddock: 0815-48886755


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa