Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha X-Ride, Modifikasi Raih Prestasi di Trek Berlumpur

billy - Sabtu, 18 Januari 2014 | 15:18 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Banyak orang yang masih ragu kalau motor matik bisa diajak garuk tanah alias adventure off-road. Nyatanya Yamaha X-Ride lansiran 2013 milik Fajar ini tak hanya sanggup main lumpur bro, tapi juga sudah mendulang beberapa prestasi di trek berlumpur.

Buktinya tunggangan ini berhasil menghantarkan tim XRAD (X-Riders Adventure) menyandang juara umum di kelas X-Ride. Tepatnya saat berlaga di acara X-Race (Xtreme Ride Adventure Challenge) yang digelar PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang bekerjasama dengan OTOMOTIF, November 2013 lalu.

"Pertengahan Desember 2013 lalu juga berhasil sabet juara 3 gelaran Enduro di kota Bandung," tukas warga Bogor, Jabar ini.

Soal oprekan, diserahkan sepenuhnya ke Optima Motor (OM) yang menggarapnya. "Mesin bore-up 130 cc; pistonnya pakai Izumi 54 mm, noken as Kawahara K1 dan knalpot pakai CLD C2. Lalu bagian CVT; roller pakai 5 gram rata, puli custom dan pengapian saya majuin biar akselerasinya lebih cepat," ujar Hidayat ‘Acky', penggawang OM.



Lalu untuk mendukung jalannya off-road, kaki-kaki juga mangalami rombakan. "Sok depan saya custom dengan menambahkan peninggi. Tujuannya biar pelek dengan diameter 17 inci dan ban pacul berukuran 2.75 x 17 bisa masuk," imbuh pebengkel di Jl. Masjid Al Wustho No.13, Pondok Bambu, Jaktim.

"Berhubung postur tubuh Fajar enggak terlalu tinggi, urusan setang dibiarkan standar pabrik. Tapi tetap mumpuni untuk segala medan," tutup pria yang dibantu satu personil ini.

Sok depan di-custom agar pelek berdiameter 17 ini bisa masuk. Karena box filter udara dicopot, filter udara disimpan di bagasi biar enggak kemasukan air. Mesin sudah bore-up 130 cc. Makin bertenaga aplikasi knalpot CLD. (motor.otomotifnet.com) 

Data Modifikasi
Kompresi: 12 : 1
Cylinder head: Custom
Per CVT: Nouvo
Pelek: TK 1.40-17 & 1.60-14
Teromol: Standar Mio
Arm: Custom (Nouvo Lele)
Filter udara: Ferrox
Sepatbor depan: Custom
Decal: JMR Product
Slang rem: TDR
Ban: Swallow 90/100-14 & 2.75-17
Optima Motor: 021-70025481 / 0812-87147714


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa