Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kawasaki KLX150S, Bergaya Six Day Sardania

billy - Kamis, 12 Desember 2013 | 13:30 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bandung - Main adventure off-road dengan motor trail, memang enak dipandang. Tapi untuk dijalankan, ternyata enggak semudah kelihatannya. Hal itu yang disadari Hendro warga Bandung. Dan oleh karenanya, sebagai langkah awal ditungganginya Kawasaki KLX150S untuk belajar handling.

Baru setelah merasa mantap bisa menerbangkan KLX150S di trek adventure off-road, beliau naik kelas tunggangan jadi KTM XCF350. Kesukaan menghirup udara di alam bebas yang kemudian ingin ditularkan ke anaknya.

Caranya dengan membangunkan sebuah KLX150S yang siap tempur buat anaknya. Tapi bukan trail yang dulu jadi tunggangannya, kala masih belajar ber-adventur off-road ria.

“Sebenarnya ada alasan lain kenapa beliau ingin menularkan kesenangan itu ke si buah hati. Biar ada kegiatan olahraga dan enggak hanya disibukkan dengan bermain game saja,” tutur M. Satia dari Orca Garage.

Oh ya, workshop yang ada di kawasan raya Cipedes ini, yang kemudian dijadikan tempat mengubah tampilan KLX150S standar pabrik jadi siap tempur. Sebelum dieksekusi, modifikator yang akrab disapa Tia itu dapat order khusus.

No caption
No credit
No caption

Footstep Orca untuk KTM biar makin mirip Sardania. Monosok Honda CR85, butuh seting ulang dudukan
.
“Sasis kudu kelir orange, itu yang jadi keinginan si empunya motor. Bisa jadi itu karena beliau sekarang sudah pede gas pol dengan KTM, makanya dipilih kelir itu,” jelas Tia.

Butuh waktu kurang lebih 7 hari pengerjaan di bagian sasis. Sembari cat orisinalnya dikerok, dudukan monosok juga ikutan dimodifikasi.

Alasannya pasti bisa ditebak, bagian tersebut ingin diganti yang lebih siap tempur dari pada bawaan lahir KLX150S. “Suspensi belakangnya ingin pakai bawaan trail, makanya butuh penyesuaian. Sementara suspensi depannya pakai bawaan trail juga, tapi yang langsung pasang,” terang Tia.

Virus tampilan KTM ternyata enggak hanya di bagian sasis saja. Keseluruhan tongkrongan KLX150S ini juga dibuat mirip dengan trail asal Austria itu.


Tutup tangki Zeta jadi pendukung tampilan. Up side down CR85 langsung pasang saja.
 
KTM Six Day tipe Sardania yang ingin diwujudkan oleh si empunya motor. Makanya kaki-kaki yang dipilih juga mesti dibuat mendukung tampilan, seperti upside down dan monosok Honda CR85.

Enggak ketinggalan bagian swing arm, yang ditebus dan kemudian dipasang adalah bawaan Yamaha YZF250. Ukuran pelek standar kurang ngetrail, itu yang membuat pelek TK Japan berdiameter 18-21 inci mengawal ban tahu berlabel Bridgestone.

Aksesori pendukung, berlabel Zeta dan Orca enggak lupa dihadirkan untuk mendongkrak tampilan. Seperti pada bagian tutup tangki, pijakan rem dan footstep.

Hasil modifikasinya sudah terlihat siap gas pol. Tentunya ini akan membuka peluang bapak anak main bareng di trek adventure off-road. (motor.otomotifnet.com) 


Data modifikasi
Ban: Bridgestone
Pelek TK Japan
Muffler: Honda CRF250
Orca Garage: 0813-22025600
 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa