Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kawasaki Ninja 150R 2005 (Tangerang), Seting Akselerasi

billy - Jumat, 17 Mei 2013 | 09:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Endang Suherman tahu betul motor grasstrack butuh akselerasi lebih spontan. Itu yang membuat mekanik beken disapa Joey ini meringankan putaran mesin Kawasaki Ninja geberan Deden Insani dari X-pedisi Racing Team untuk tarung di Kelas FFA.

Paling awal meringankan magnet yang membebani mesin. Caranya menggunakan pengapian Yamaha YZ125. “Saya ganti full dari mulai magnet, sepul, CDI dan koil,” kata pria yang bengkelnya di Jl. Gatot Subroto Km 6, No. 59, Jatake, Kotamadya Tangerang, Banten itu.

Magnet YZ125 bukan saja memiliki diameter lebih kecil dibanding standar Ninja 150. “Bobotnya lebih ringan, membuat putaran mesin cepat naik,” ungkap Joey lebih rinci.

No caption
No credit
No caption

Selain itu upaya mempercepat akselerasi dengan membuat aliran gas bakar cepat sampai ruang silinder. Piston masih mengandalkan aslinya tapi dinding piston yang hadap ke membran dipapas sebanyak 3 mm. “Tujuannya agar ketika piston berada di posisi TMB (titik mati bawah), aliran gas bakar yang ke ruang silinder jadi tidak terhalang.

Menurut Joey, aslinya piston akan sedikit menutupi membran. “Biar alirannya ‘ngemplong’, jadi kudu papas dinding sehernya,” ungkap mekanik asal Tangerang ini.

Masih dalam rangka kejar akselerasi, kompresi ditinggikan. Head silindernya dipapas 0,8 mm dan squish dibikin 14 derajat. Sedangkan lubang transfer, digerus pisau tuner sebanyak 2 mm. “Agar lebih bertenaga di putaran bawah,” beber Joey.


Sedangkan pada saluran bahan bakar, dipilih karburator Keihin PWK 34mm Sudco. Permainan pilot-jet 52 dan main-jet 220, bikin semburan bahan bakar semakin mantap dengan membran mengandalkan milik Boyesen.

Nah, sisa bahan bakar yang mengandalkan Pertamax Plus dan oli samping Maxima, dikeluarkan lewat knalpot yang perutnya dibuat ulang pakai pelat besi tebal 0,5 mm. Silencernya pakai Kawasaki KX125.

Di lap terakhir, Deden memantapkan di posisi pertama. Hingga bendera finish dikibarkan. Terkabul sudah doa Baharudin Insani yang komat-kamit dari pinggir trek mendoakan anaknya. (motorplus-online.com) 


DATA MODIFIKASI

Ban depan: Swallow 70/100-19
Ban belakang: Swallow 90/100-16
Sok depan: Honda CR85
Swing arm: Kawasaki KX85
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa