Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Tiger, Tergoda West Jateng Style

billy - Selasa, 11 Desember 2012 | 12:13 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sebaran virus modifikasi bergaya street fgihter (SF) ala West Jateng Style (WJS) berkembang luas. Tidak hanya terpusat di Pulau Jawa, tapi ternyata telah merambah sampai Kalimantan alias Bumi Borneo.

Ciri ubahan WJS, kental dengan desain buntut belakang simpel. Maksudnya, single seater dengan pernik bodi yang sederhana. “Pengaruh desain bodi bergaya WJS memang dahsyat. Pertama saya lihat model ini di tabloid EmPlus, lantas saya tertarik untuk mencoba. Ternyata pelaku modifikasi disini juga suka konsep itu,” buka M. Prayoga, modifikator sekaligus pemilik Honda Tiger modif ini.

Bodi memang dipermak simpel, begitu pula dengan ornamen variasi. Contohnya pilihan bentuk dan komponen yang begitu detail. Desain tangki simpel dengan dimensi sedikit lebih tinggi dari standar. “Bentuk tangki sengaja dibikin rada tinggi. Biar enak dikempit saat riding. Karena gaya berkendara juga berpengaruh pada desain,” papar bos rumah modifikasi Rell 18 ini.

Sasis belakang imut ini dipangkas habis. Modalnya, dicukur mulai pangkal center back bone hingga ujung belakang. Bagian ini nyambung dengan perhitungan proporsional. Dudukan jok baru nempel pada sasis baru yang berada di bawah tangki. Bukan hanya aksen visual semata namun berfungsi.


"Sasis samping bikin dari pipa 2 inci. Materialnya diambil dari pipa yang biasa dipakai untuk aliran gas, karena terkenal kuat,” urai modifikator yang beralamat di Jl. P. Sulawesi No. 11, Samarinda, Kalimantan Timur ini.

Yang asyik, bodi ini terlihat lebih montok pada bagian depan dengan model sayap tangki besar. Makanya desain shroud alias sayap samping tangki yang lebar, sengaja ditemplokin pada bagian depan tangki.

Kreasi ini semata untuk menyesuaikan konsep yang simpel. Bukan asal nempel atau sebatas aksen visual doang. Tapi, shroud ini memiliki fungsi sebagai corong penangkap angin buat bantu mendinginkan engine kala berkendara jauh.

Sedang kaki-kaki, modifikator gaul disapa Yoga ini lebih memilih komponen yang tidak terlalu besar. Cukup memakai sok depan Yamaha Byson. Pemasangan komponen ini cuma butuh sedikit ubahan di rumah komstir. Karena lubang as komstir Tiger kurang besar.

Buat lengan ayun belakang, pria tinggi besar ini coba berkreasi lebih. Maksudnya, swing arm dibikin ulang pakai material pipa gas yang diroll sendiri sesuai selera Yoga!

Mantap, Bro! (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : IRC 120/60-17
Ban belakang : Dunlop 200/55-17
Lampu depan : Suzuki Satria F150
Knalpot  : Nob1
Rell 18  : 0813-3215-5071

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa