Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Impression New Triumph Tiger

Dimas Pradopo - Selasa, 18 November 2014 | 12:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Spanyol - Baru saja diluncurkan resmi di ajang EICMA 2014 lalu di Milan, Italia. Triumph mengadakan sesi test ride untuk seluruh media dunia di Malaga, Spanyol. OTOMOTIF mendapat kesempatan untuk menjadi salah satu media pertama yang mencoba langsung sang Macan.

Akhirnya, setelah menempuh hampir 18 jam di pesawat dan mampir di 4 negara, OTOMOTIF sampai di Malaga. Pemilihan Spanyol sebagai ajang uji pertama Tiger bukan tanpa alasan.

“Area pegunungan, baik untuk medan on road ataupun off road di Malaga, sudah terkenal memiliki pemandangan yang eksotis,” terang Indra Dwi Sunda, Marketing Manager PT Triumph Motorcycle Indonesia yang ikut menemani perjalanan di Spanyol. Cocok dengan tampang baru Tiger.

No caption
No credit
No caption

Apalagi, hampir seluruh bagian Tiger, mulai dari sasis, mesin sudah mendapat sentuhan baru. Dan serunya, ini kali pertama generasi Tiger punya fitur elektronik tercanggih yakni ride by wire.

“Hasilnya, mesin terasa lebih respon di tiap putaran gas, namun tetap karakternya tetap halus,” ungkap Stuart Wood, Chief Engineer Triumph.

Acara test ride-nya sendiri akan berlangsung selama 2 hari. Hari pertama akan lebih banyak menempuh rute jalan raya, sedankan hari kedua OTOMOTIF akan bermain di rute off road. Hari pertama, cukup diisi dengan presentasi soal produk dan penjelasan rute yang bakal dilalui.

Nah, seperti apa rasa New Triumph Tiger ini? Tunggu hasil test ride OTOMOTIF besok ya.

No caption
No credit
No caption


Model New Triumph Tiger
Yang pasti, beda dengan generasi sebelumnya yang punya 3 varian Tiger 800 plus Adventure yang berkapasitas 1.200 cc, kali ini sedikit diubah.

“Versi Adventure dengan mesin 1.200 cc belum ada perubahan, namun Tiger 800 dikembangkan jadi 4 tipe yakni 800 XR, 800 XRx, 800 XC dan 800 XCx,” jelas Indra Dwi Sunda, Marketing Manager PT Triumph Motorcycle Indonesia.

Varian XR lebih dikhususkan menempuh rute jalan raya alias on road, sementara XC lebih tangguh untuk menempuh rute off road. Sementara varian dengan emblem x di masing-masing tipe adalah top of the line generasi Tiger dengan fitur yang lebih lengkap.

Perbedaannya, varian XR atau XRx sudah pasti pakai pelek alumunium dengan ban ukuran 100/90-19 inci di depan dan 150/70-17 untuk belakang. Sementara generasi XC pakai pelek jari-jari dengan ban 90/90-21 untuk depan dan 150/70-17 di depan. Pelek model ini memang terkenal lebih kuat untuk menempuh jalan rusak alias off road.

Lalu, XRx punya jok dengfan 3D design yang diklaim membuat perjalanan jauh lebih menyenangkan. Plus standar tengah dan hand guard untuk melindungi tangan dari lontaran kerikil atau batu dari jalan.

Lalu, XRx dan XCx kini dilengkapi dengan fitur terbaru cruise control. Jadi, lebih menyenangkan untuk yang sering riding jauh hingga luar kota.

Ahh, makin enggak sabar nih nyobain Macan baru bikinan Inggris ini. Tunggu sesi lengkapnya besok ya…! (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa