Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Ride Yamaha TMax, Impresi Awal Bersama Matik Sporti nan Gambot!

billy - Selasa, 3 Desember 2013 | 18:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tarikannya berisi tapi enggak mengentak, jadi enggak bikin kaget
Jakarta - Yamaha Indonesia akhirnya resmi mengenalkan jajaran mogenya, yaitu VMax, YZF-R1, YZF-R6 dan TMax pada Jumat 22 November di DDS Cempaka Putih, Jakarta. Gak seru dong kalau gak nyobain, dan Tester OTOMOTIF sudah mencoba keempatnya walaupun di tempat terbatas. Nah untuk kali ini kita bahas dahulu TMax ya!

Sosok TMax kendati skutik namun tampangnya sangat sporti, setuju gak bro? Tuh dari depan sangat agresif dengan lampu utama model proyektor 2 buah. Garis bodinya terlihat aerodinamis siap membelah angin. Makin sporti setelah lihat kakinya yang dikawal 2 cakram 267 mm dengan kaliper 4 piston tiap sisi.

No caption
No credit
No caption

 Laci depan kanan siap untuk naruh HP dan kaca mata, kiri untuk karcis parkir. Mau isi bensin? Ini dia posisinya. Bagasi super lebar, bawaan turing bisa muat banyak deh.
Windshield cukup tinggi menjamin rider aman dari terpaan angin. Di baliknya ada panel indikator dengan info cukup lengkap. Tampilan takometer dan spidometernya analog, jadi lebih mudah dipantau, tinggal lirik ketahuan berapa kecepatannya. Di tengahnya ada panel digital.

Duduk di atas joknya yang punya tinggi 800 mm, ternyata terasa cukup tinggi kendati postur 173 cm 65 kg, kaki sedikit jinjit saat berhenti. Harap maklum karena permukaan jok ternyata lebar. Kelebihannya nyaman saat jalan.

No caption
No credit
No caption

 Tuh panel indikatornya, gampang dibaca kan?. Penyaluran tenaga pakai belt, jadi smooth. Mesin 530 cc 2 silinder, kayanya enak untuk turing nih.
 Menggerakkan setang rasanya khas motor pakai raiser tinggi, karena posisi setang dan tapak ban enggak sejajar seperti motor chopper. Lalu saat memindahkan butuh usaha lebih, maklum bobotnya 217 kg dan 221 kg yang ABS.

Mau bawa barang? Di bawah setang kanan-kiri ada bagasi. Sisi kanan lebih gede dengan tutup bisa dikunci, sementara yang kiri sempit dan langsung tarik. Untuk bawaan banyak buka saja joknya dengan memutar kontak ke kiri, jok akan terangkat sisi depannya terdorong pompa hidraulik.

No caption
No credit
No caption


Penasaran di mana posisi tangki? Ternyata pas di depan jok, langsung tarik covernya, nah di baliknya ada tutup yang mesti dibuka pakai kunci. Kapasitasnya cukup besar, 15 liter!

TMax dibekali mesin 530 cc 2 silinder segaris DOHC 4 klep, menghasilkan tenaga 45,85 dk/6.750 rpm dan torsi 52,3 Nm/5.250 rpm. Tarikannya berisi tapi enggak mengentak, jadi enggak bikin kaget. Eh iya penyaluran tenaga ke roda pakai belt, jadi menyumbang rasa smooth.

Untuk data akselerasi hingga konsumsi bensin motor yang dijual Rp 185 juta OTR Jakarta ini, tunggu setelah test ride ya! (motor.otomotifnet.com) 



 
Tampang belakang pun sporti ya! Cuma ukuran knalpot terlihat berlebih

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa