Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Areng Dinamo Starter Honda CBR150R , Cukup Rp 250 Ribu

Dimas Pradopo - Sabtu, 4 Oktober 2014 | 10:28 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Sempet dan masih jadi idola pencinta kecepatan, membuat populasi Honda CBR150R versi built-up sampai saat ini masih berjibun. Tapi sayangnya, ini gak diikuti sama stok spare-partnya. Salah satunya kalo motor atau dynamo starternya rusak.

Perlu duit sekitar Rp 1,7 juta buat beli peranti orisinalnya. Wow… tapi tenang, nih ada solusinya lebih hemat, cukup Rp 250 ribu aja, bro!

Lantaran punya fitur dan tampilan keren, CBR150R emang wajar kalo ‘digilai’ motormania. Meski waktu ngetop-ngetop-nya dihargain di atas Rp 30 jutaan sama importirnya, tetep aja diburu penggila motor di Tanah Air. Laris manis, brooo...

No caption
No credit
No caption


Tapi sekarang, yang lagi bikin puyeng para pemilik motor berlambang sayap mengepak ini, kalo peranti starter elektriknya mulai ngadat dan rusak. Khusunya kalo besutan itu umur pakainya udah 6-7 tahun, tuh (gbr 1).
No caption
No credit
No caption


Kenapa? “Karena harus keluarin duit sampe Rp 1,7 juta buat beli peranti penggantinya. Bisa gitu, karena dynamo starter itu harus beli segelondong alias assy!” sahut Hasan Basri, mekanik sekaligus pemilik bengkel Hasan Motor (gbr 2).


Masih menurut pria yang buka praktik di kawasan Jl. Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakbar ini, padahal gak semuanya lo, problem starter elektrik itu gara-gara dinamonya dan harus beli sepaket.

“Dari kebanyakan kasus yang saya temuin sih, umumnya karena areng yang bergesekan dengan dinding kumparan tembaga dinamo pada mekanisme motor starter ini yang sudah aus atau habis,” alasan Hasan (gbr 3).

Artinya, harusnya bisa ganti arengnya saja. Tidak perlu beli segelondong sama dinamonya sekalian. “Tapi ya itu, sayangnya para toko penjual spare-part jarang banget yang mau jual arengnya doang. Kalo pun ada, kudu inden dan itu harganya Rp 350 ribuan,” tambah mantan mekanik di dealer Suzuki ini.

Tapi tenang, Hasan punya solusinya yang lebih hemat dan cepat. Cukup beli areng aftermarket untuk motor berkapasitas 150 cc. “Biayanya cuma Rp 250 ribu sudah berikut pasang. Selain kualitasnya sama kayak orisinalnya, stoknya juga melimpah. Pastinya, tinggal plek aja!” jamin pria berperawakan langsing ini.

Lebih hemat kan cyinn…!


 Hasan Motor : 0813-15315117

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa