Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Deteksi Bunyi di Setang Yamaha Soul GT, Ini Solusinya!

Dimas Pradopo - Kamis, 25 September 2014 | 09:10 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Dari awal menebus skutik Yamaha ini, terasa aman dan nyaman. Namun, selama pemakaian berlangsung, besutan akan ada penipisan komponen atau suatu problem. Seperti halnya yang terjadi di tunggangan Surya, Yamaha Soul GT (SGT).

“Iya, bro! Kedengeran suara ‘klek-klek’ kalo sehabis ngerem depan. Gue juga bingung suara dari mana. Emang sih, jalanan di daerah rumah agak rusak alias lubang dan berbatu. Makanya, mau dicek biar enak buat riding,” keluh pria ramah ini.

Makanya, tunggangan kesayangan yang lahir tahun 2013 itu langsung dibawa ke ruang UGD alias deteksi ke bengkel langganan daerah Rawa Panjang, Bekasi Timur, Jabar. Sebelum skutik dibongkar, gejala tersebut ada di dua titik.

“Itu bisa terjadi karena kondisi jalanan yang kurang baik alias rusak atau menghantam lubang. Untuk pengecekannya di bagian komstir dan laher roda depan,” jelas Herry, mekanik Jail Auto Custom (JAC). Nyok, di-check-up!

No caption
No credit
No caption


Yang pertama, pada roda depan. Cara pengecekannya dengan menggoyangkan peranti melingkar tersebut. Apabila terasa oblak, segera menggantikan laher roda tersebut sesuai kodenya (gbr.1). Bisa dilakukan sendiri atau ke ahlinya.

Caranya, buka baut as roda depan pake kunci pas 14 dan 17. Setelah itu, tarik as roda dan keluarkan roda tersebut. Dilanjutkan dengan tools, palu dan obeng min untuk mengeluarkan laher yang rusak. Saat pemasangan, jangan ketok langsung bearing yang baru, gunakan laher bekas sebagai bantalan.

“Kemungkinan juga dari komstir setang kendur, jadi setang berasa oblak dan bunyi klek-klek. Caranya, bisa mengencangkan baut komstir sesuai yang diinginkannya. Biasanya itu sering terjadi dan amannya ganti laher atau pelor komstir pake yang baru,” saran mekanik kelahiran Bogor, Jabar.

No caption
No credit
No caption

Kalo ganti pelor atau laher komstir agak ribet, kudu yang ahli buat bongkar pasang. Kecuali mengencangkan baut komstir, bisa dikerjakan sendiri. Yakni, cukup membuka tameng depan dengan obeng kembang atau sesuai baut (gbr.2). Lalu, gunakan palu dan obeng min buat memutar.

No caption
No credit
No caption

Step pertama, kendurkan baut atas komstir arahnya ke kanan (gbr.3). Trus, baut yang bawah memutar ke kiri pake alat tadi (gbr.4) dan kalo dirasa sudah pas bisa kencangkan kembali baut komstir yang atas. Jika belum enak, dikendurkan lagi atau kencangkan kembali peranti itu.

“Usahakan jangan terlalu kencang saat setel baut komstir. Lama kelamaan pelor bisa rusak,” sarannya. Kalo sudah pas dan enak, jangan lupa buat memasang kembali komponennya, caranya kebalikan dari membuka. Gimana, gak bunyi lagi, kan! (motor.otomotifnet.com) 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa