Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Paket Upgrade Performa Yamaha YZF-R15, Mulai Rp 2 Jutaan

Dimas Pradopo - Senin, 29 September 2014 | 09:10 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

 
Mesin tipe 4 tak SOHC 4 klep dikenal bertenaga dan konsumsi BBM yang irit

Jakarta - Salah satu produk yang berpenampilan ‘ganteng’ dari Yamaha saat ini adalah Yamaha YZF-R15. Dengan tampilan sporty, full fairing dan desain ala motor balap, motor 150 cc ini sangat disukai anak-anak muda karena bentuknya yang keren.

Dimodali mesin 4 tak SOHC 4 klep, mesin ini identik dengan yang dipakai Yamaha New V-Ixion Lightning, dikenal bertenaga dan konsumsi bahan bakarnya terbilang irit. Tapi banyak yang merasa kurang sreg dengan performanya. “Akselerasi kurang mantap menurut saya, mungkin karena pakai fairing jadi lebih berat,” kata Pandu Wisnu, salah satu pengguna mencoba menganalisa.

Jika memang banyak yang merasa seperti Pandu, OTOMOTIF coba beberkan paket upgrade performa yang ditawarkan beberapa bengkel untuk membuatnya makin melesat. Persoalan biaya kali ini dibatasi hingga Rp 2 jutaan saja. Sembari menabung, baca dulu deh pilihan-pilihan yang ditawarkan beberapa bengkel berikut ini.

No caption
No credit
No caption


Ultraspeed Racing (021-53665127)

Dikenal sebagai biangnya upgrade motor injeksi, bengkel ini menawarkan paket bore-up 62 mm merek SRP. Dengan demikian kapasitas mesin naik jadi 177 cc, enggak terlalu besar dan masih cocok untuk harian.

Sekalian deh noken as Kawahara K1 ikut terpasang. “Diikuti ganti injector dengan kemampuan 140 cc/ menit, juga merek SRP,” papar Freddy A. Gautama, owner Ultraspeed Racing. Selanjutnya bongkar bak kopling untuk ditanamkan kampas kopling baru racikan WRX. Kemudian per kopling CLD untuk memaksimalkan daya gesek kampas kopling supaya makin menggigit.

No caption
No credit
No caption


Jaw’s Speed (089601742711)

Bengkel di Beji, Depok ini enggak menawarkan paket bore-up. Bisa dibilang lebih fokus pada area kepala silinder. Pengerjaan meliputi porting-polish, aplikasi noken as custom, penggantian per klep serta ganti gir sentrik yang bisa diseting. “Jadi tinggal pilih mau power untuk putaran atas atau bawah, tinggal geser gir sentriknya,” beber Heri Prasetyawan, juragan Jaw’s Speed.

Selanjutnya pasang per klep Daytona yang dipadukan kampas kopling WRX untuk mencegah kopling selip. Wawan, sapaan Heri, menjamin pengerjaan cukup satu hari saja. Buat yang enggak mau menunggu lama, boleh dicoba nih.

No caption
No credit
No caption


VJ Racing Speed (081319392333)

Dikenal sebagai spesialis Yamaha V-Ixion nih, jadi upgrade Yamaha YZF-R15 enggak terlalu sulit. Buat yang ogah ribet dan enggak pakai bongkar mesin, bisa menuju bengkel yang digawangi Paolo Irfansyah ini. Karena pengandalkan part yang mudah dipasang loh.

“Mulai kampas kopling dan per kopling Maxtreme, filter udara Ferrox, knalpot Pro Speed Black Series dan busi iridium, simpel,” urai Irfansyah. Pengerjaan dijamin enggak pakai lama deh. Jika pemasangan seluruh paket, ada potongan harga khusus loh.



Affandi Motor Sport (0878-80081119)

Bengkel yang dipimpin Affandi ini cukup dikenal di kalangan pengguna Yamaha V-Ixion. Nah untuk upgrade performa Yamaha YZF-R15 pun sudah bisa dilakukan di sini loh. “Bagian head kena porting-polish, naik kompresi sekaligus servis besar, itu sudah sepaket,” urai Affandi yang memangkas blok bawah 0,4 mm untuk naik kompresi.

Kemudian menu pelengkapnya ada ganti per klep, noken as custom dengan spek harian, filter udara GP Filter, serta busi iridium. Pengerjaan 2-3 hari karena lama di-porting-polish. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa